Senin, 06 Mei 2019 11:26 WIB

Slurp! 4 Tips Tahan Diri Lihat Iklan Sirup saat Puasa

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Biar kuat godaan, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan. Foto: Thinkstock Biar kuat godaan, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Bulan Ramadhan akhirnya tiba, Alhamdulillah! Bagi detikers yang sedang menjalani ibadah puasa, semoga tetap semangat ya meskipun godaan dari iklan sirup yang ditambahkan es batu di siang hari seringkali bikin gagal fokus.

Tapi, di mana ada niat di situ pasti ada solusinya. detikHealth telah merangkum beberapa tips untuk membantu kamu tetap kalem meski iklan sirup terus-terusan sambil lalu di televisi.


1. Stop apa yang sedang kamu lakukan

Bukannya sholat zuhur, kamu masih saja terpaku depan layar televisi, memperhatikan gerakan sendok yang mengaduk es batu di gelas berisikan sirup jeruk. Berhenti, serius, jangan teruskan apa yang sedang kamu lakukan.

Salah satu cara terbaik untuk menenangkan diri adalah berhenti berinteraksi dengan apa yang membuat kamu merasa terganggu. Ganti channel TV atau beralih membaca Al-Qur'an bisa membantu kamu untuk teralihkan dari iklan menggoda itu.

2. Tarik napas

Saat ini mungkin kamu sudah mulai menelan ludah karena melihat gelas yang berembun. Dengan menarik napas ini bisa membantu kamu merasa lebih tenang.

Fokus pada pernapasan memiliki manfaat yang besar seperti mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dengan baik, yang mana membuat fungsi otak bekerja lebih baik. Ini pun terbukti ampuh bisa membuat seseorang merasa tenang dan lebih rileks.

3. Tenangkan diri

Manjakan diri dengan kegiatan yang membuat kamu merasa lebih tenang. Dikutip dari Wikihow, kegiatan tersebut antara lain bisa dengan mandi air hangat atau menggunakan minyak esensial seperti lavender dan chamomile. Bisa juga dengan bermain bersama hewan peliharaan yang membuat kamu merasa lebih senang dan teralihkan setelahnya.


4. Evaluasi asupan saat berbuka dan sahur

Bisa jadi rasa haus yang teramat sangat yang kamu rasakan terjadi karena asupan yang kurang tepat saat sahur. Mengonsumsi buah dan sayur sebaiknya diperbanyak saat sahur, protein juga harus tersedia. Kurangi juga makanan dan minuman yang terlalu manis atau asin. Gula dan garam yang terlalu banyak berisiko mengakibatkan tubuh tidak terhidrasi dengan baik saat puasa.

Makanan pedas serta minuman berkafein juga sebaiknya dihindari saat sahur. Kepada detikHealth beberapa waktu lalu, dr Purwita, SpPD-KGer menuturkan kopi atau teh bisa merangsang tubuh untuk lebih banyak buang air kecil.

"Jadi selama puasa bisa-bisa banyak cairan yang terbuang," ujarnya.


Tonton juga video Manisan Kolang-kaling, Stok Manis untuk Berbuka Puasa:

[Gambas:Video 20detik]


Slurp! 4 Tips Tahan Diri Lihat Iklan Sirup saat Puasa
(ask/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya