Senin, 06 Mei 2019 15:04 WIB

Biar Sehat, Ini Tips Penyimpanan Makanan Selama Ramadhan

Tia Reisha - detikHealth
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mempersiapkan bahan makanan untuk menu yang seimbang, bergizi, dan variatif, tentu bukan tanpa hambatan. Proses belanja bahan makanan dan cara penyimpanan menjadi tantangan tersendiri, khususnya di bulan Ramadhan.

Agar dapat menjalani ibadah dengan nyaman, tenang, dan tetap sehat, ada 3 tips persiapan pengelolaan makanan selama Ramadhan dari produsen lemari es, Beko. Simak selengkapnya.

Belanja Bahan Makanan Saat Akhir Pekan

Manfaatkan momen akhir pekan untuk berbelanja bahan makanan segar dan persiapkan rancangan menu untuk sahur dan berbuka selama sebulan ke depan. Selain lebih menghemat waktu, aktivitas ini juga dapat menghemat biaya perjalanan berbelanja yang sebelumnya dilakukan beberapa hari sekali.

Tidak perlu khawatir dengan keterbatasan ruang penyimpanan akibat membeli banyak bahan makanan. Sebab, kabinet MultiZone™ pada lemari es Beko menghadirkan fleksibilitas dengan kemampuan beralih fungsi dari area pembeku menjadi area pendingin dengan suhu yang dapat disesuaikan. Sehingga tersedia ruang yang cukup untuk aneka bahan makanan.

Masukan Bahan ke Dalam Wadah Tertutup

Cuci sayur dan buah, potong-potong daging dan ayam, lalu masukkan ke dalam wadah tertutup untuk disimpan di dalam lemari es. Pastikan kesegaran tetap terjaga karena akan berpengaruh pada cita rasa dan kandungan vitamin dari bahan makanan tersebut.

Teknologi ActiveFresh BlueLight™ membantu menjaga kesegaran dan kandungan vitamin dalam buah dan sayur dapat tetap terjaga dengan baik berkat proses fotosintesis dalam lemari es. Bahkan, kompartemen dengan teknologi Everfresh+ mampu menjaga kelembapan dan suhu tetap stabil sehingga kesegaran sayur dan buah dapat bertahan hingga 30 hari.


Pisahkan Bahan Makanan Sesuai Jenis

Pastikan menyimpan makanan sesuai jenisnya agar bau tidak mudah tercampur. Misalnya, tempatkan ayam dan daging di area pembeku, sedangkan sayur dan buah di area pendingin. Dengan teknologi NeoFrost™ yang merupakan sistem pendingin ganda pada lemari es Beko, kesegaran bahan makanan bisa terjaga lebih lama dan terhindar dari bau yang tercampur antara ruang pendingin dan pembeku.

Kebersihan area penyimpanan makanan juga penting diperhatikan. Dengan adanya Fitur Ionguard® kuman dan bakteri kecil yang tidak terlihat akan terbunuh agar lemari es tetap bersih dan higienis.

"Menjaga kondisi kesehatan selama Ramadhan menjadi faktor kunci agar berbagai aktivitas dan ibadah selama bulan suci tetap dapat berjalan lancar dan beriringan. Berbicara tentang kesehatan, pemilihan asupan dan menjaga kualitas bahan makanan menjadi sebuah keharusan. Memantapkan posisinya sebagai healthy living starter, Beko menghadirkan rangkaian produk rumah tangga yang mengedepankan efisiensi dan teknologi terbaik bagi masyarakat Indonesia, salah satunya melalui rangkaian produk lemari es andalan kami," ujar Country General Manager Beko Indonesia Ali Cagri Gonculer dalam keterangan tertulis, Senin (6/5/2019).

Beko menawarkan garansi terpanjang di Indonesia yaitu 3 tahun jaminan garansi servis dan suku cadang serta 12 tahun untuk ProSmart™ Inventer Compressor dan juga ProSmart™ Compressor.

"Dengan menghadirkan teknologi dan pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, Beko berkomitmen untuk terus mendampingi masyarakat Indonesia memenuhi aspirasinya untuk menjalani hidup yang lebih nyaman dan lebih sehat, khususnya di bulan Ramadhan," tutup Ali.


Biar Sehat, Ini Tips Penyimpanan Makanan Selama Ramadhan
(prf/up)