Senin, 06 Mei 2019 16:23 WIB

Bermain 'Escape Room' Bisa Bantu Otak Bekerja Lebih Baik

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Teka-teki membuat otak menjadi lebih cerdas. (Foto: thinkstock) Teka-teki membuat otak menjadi lebih cerdas. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Permainan 'Escape Room' menjadi populer belakangan ini. Jenis permainan ini mengharuskan kamu untuk memecahkan teka-teki dalam waktu terbatas dan singkat agar bisa melarikan diri dari ruangan.

Kegiatan ini tentunya menyenangkan karena membutuhkan kerjasama tim dan tingkat fokus yang besar. Seringkali permainan 'Escape Room' membutuhkan pemikiran logis untuk menyelesaikan teka-teki yang tersembunyi di dalamnya.

Dilansir dari medicaldaily, permainan ini dirancang untuk memberikan pengalaman yang mendalam tentang keterampilan pemecahan masalah, kerja tim dan perhatian pada detail untuk menyelesaikan kode tertentu.



"Menyelesaikan teka-teki adalah cara terbaik untuk merangsang daya ingat dan berinteraksi dengan bahasa, simbol atau kode. Bermain 'Escape Room' membuat otak terangsang untuk mengingat dan menyimpan informasi yang secara dramatis meningkatkan kapasitas memori," demikian dilaporkan situs tersebut.

Selain itu, menurut sebuah penelitian, memecahkan teka-teki membantu meningkatkan kecerdasan pemainnya. Teka-teki akan memaksa pemain terus berpikir dan berpikir secara terus menerus sehingga otak akan menjadi lebih tajam terlebih jika belajar menghadapi tantangan.

Juga, setelah meninggalkan ruang permainan, kamu bisa merasakan telah mencapai sebuah prestasi. Sebab untuk keluar dari ruangan tersebut tidaklah mudah dan merupakan pengalaman yang unik terlebih jika kamu telah berpikir 'out of the box'.



Bermain 'Escape Room' Bisa Bantu Otak Bekerja Lebih Baik
(kna/up)
News Feed