Senin, 06 Mei 2019 20:04 WIB

Selain Berpahala, Sholat Tarawih juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Sholat tarawih berjamaah. Foto: detik Sholat tarawih berjamaah. Foto: detik
Jakarta - Saat memasuki bulan puasa Ramadhan, bukan hanya puasa yang menjadi momen ditunggu-tunggu, sholat tarawih juga menjadi hal yang pastinya ingin selalu dilakukan secara maksimal selama satu bulan.

Faktanya, sholat tarawih bukan hanya memberikan pahala namun juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, dr Ira Mistivani, SpKFR-K, sholat tarawih layaknya kegiatan fisik seperti olahraga.

"Sholat tarawih 21 rakaat bisa membakar 100 kalori," ujarnya saat ditemui di kawasan Senen, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.


dr Ira mengatakan, sholat tarawih mampu membuat kelenturan tubuh menjadi lebih baik. Tonus otot (kontraksi otot) dan persendian juga akan membaik serta memperbaiki fungsi jantung dan paru-paru.

Bukan hanya itu, sholat tarawih juga meningkatkan kadar gula darah dan insulin setelah menurun selama seharian berpuasa. Sholat tarawih juga meningkatan laju metabolisme tubuh.

"Saya sarankan tolong bawa minuman kan haus sholatnya lama. Boleh makanan kecil sedikit, tapi minuman jangan lupa. Dan sakat tarawih mencegah keropos tulang karena ada gerakan-gerakan yang baik," saran dr Ira.


Selain Berpahala, Sholat Tarawih juga Bermanfaat untuk Kesehatan
(wdw/up)
News Feed