Selasa, 07 Mei 2019 13:05 WIB

Selain Karena Puasa, Kenali Ragam Penyebab Bau Mulut

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Bau mulut saat puasa apa sih penyebabnya? Foto: thinkstock Bau mulut saat puasa apa sih penyebabnya? Foto: thinkstock
Jakarta - Berpuasa di bulan Ramadhan selama 12-13 jam tentu tidak menghindarkan kita dari bau mulut. Bau mulut menjadi masalah utama, karena bisa membuat kita enggan berinteraksi dengan orang-orang sebab malu terganggu dengan baunya.

Kamu bisa mengurangi kemungkinan bau mulut, misalnya dengan menggosok gigi, perbanyak minum air putih baik saat sahur ataupun berbuka, dan tidak merokok. Selain mulut kering karena berpuasa, kenali ragam penyebab bau mulut seperti dirangkum dari situs Health.com.


1. Makanan
Saat kita mengunyah makanan di mulut, proses tersebut bisa meningkatkan bakteri di sekitar gigi dan menyebabkan bau tidak sedap. Oleh karena itu, sebaiknya saat sahur kamu tidak memakan makanan yang berbau tajam seperti bawang-bawangan dan rempah. Karena setelah kita mencerna makanan ini, langsung masuk ke dalam aliran darah dan terbawa ke paru-paru dan mempengaruhi napasmu.

2. Mulut kering
Tidak makan dan minum selama 12-13 jam tentu membuat mulut kita rentan kering. Kita bisa membasahinya dengan air liur, namun bagi pengidap xerostomia di mana produksi air liur menurun tentu akan sulit. Selain saat puasa, mulut kering juga kerap terjadi saat tidur, makanya tiap pagi napas kita menjadi 'bau naga', mirip saat berpuasa.

3. Kebersihan mulut dan gigi kurang
Menyikat gigi dianjurkan dua kali sehari, di pagi hari dan sebelum tidur malam. Saat berpuasa kamu bisa melakukannya usai sahur dan sebelum tidur setelah berbuka. Jika kamu tidak rajin menyikat gigi, sisa-sisa makanan akan terus berada di gigi dan mulut bisa menyebabkan bau mulut dan juga terbentuknya plak di gigi.

Plak gigi jika tak segera dibersihkan dapat menyebabkan periodontitis atau bengkak di gusi. Selain menyikat gigi, kamu juga bisa menyikat lidahmu karena bakteri penyebab bau mulut juga bisa berada di lidah.


4. Merokok
Merokok dapat menyebabkan bau mulut dan penyakit gusi. Mumpung bulan puasa, hindari merokok terlebih dahulu agar bau mulutmu tidak semakin buruk saat berpuasa.

5. Obat-obatan
Jika kamu masih mengonsumsi obat-obatan di bulan puasa ini, bisa jadi salah satu penyebab bau mulut menyerang ketika berpuasa. Beberapa obat secara tidak langsung memperoduksi bau mulut karena menyebabkan mulut kering atau saat dicerna di dalam tubuh, obat ini melepaskan zat kimia yang bisa terbawa dalam napas kita.

6. Kondisi kesehatan mulut
Adanya infeksi atau peradangan di mulut bisa menyebabkan bau mulut juga. Atau beberapa penyakit seperti kanker dan penyakit metabolik. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut saat berpuasa agar selain dapat menyingkirkan bau mulut, bisa juga untuk menjaganya tetap sehat. Bonus: terlihat makin cakep saat lebaran nanti, lho!



[Gambas:Video 20detik]



(frp/up)