Selasa, 07 Mei 2019 17:55 WIB

Walau Lapar Banget, Langsung Makan Berat Saat Berbuka Tak Dianjurkan Lho

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Langsung makan berat saat berbuka bisa berakibat perut terasa mual (Foto: Pradita Utama) Langsung makan berat saat berbuka bisa berakibat perut terasa mual (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Rasa lapar dan haus tentu tak tertahankan setelah berpuasa selama 12-13 jam. Tak jarang beberapa dari kita langsung memilih untuk makan berat. Namun dokter tidak menganjurkan hal ini, lho.

"Menu berbuka yang baik awalnya harus ringan terlebih dahulu. Usus dan lambung kita sudah istirahat selama 14 jam, bila langsung makan atau minum banyak, besar kemungkinan terjadi mual," ungkap dr David Fadjar Putra, MS, SpGK dari Rumah Sakit Pondok Indah kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Menurut dr David, sapaannya, hal ini disebabkan perut masih dalam proses adaptasi setelah kosong selama belasan jam. Makan besar menggunakan nasi dan lauk pauk sebaiknya diganti dengan minuman manis yang hangat dan makanan kecil seperti kurma dan buah-buahan.



Minuman manis seperti teh manis hangat diperlukan untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh yang rendah karena tidak adanya energi yang masuk dari makanan seharian. Disarankan pula oleh dr David untuk minum secara perlahan dan sedikit-sedikit.

Lalu, kapan kita bisa makan berat? Menurut dr Eni Gustina, MPH, direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan (Kemenkes) seperti disampaikan dalam akun Twitter official Kemenkes, sebaiknya makan besar dilakukan setelah salat tarawih.

"Makam malam setelah salat tarawih sangat boleh, kita seharian sudah puasa. Kadang remaja putri yang sering berpikir habis salat tarawih tidak usah makan malam karena takut gemuk. Itu tidak benar, kita bisa kekurangan energi. Menu makannya pun harus bergizi seimbang. Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah," tulis dr Eni, seperti dikutip detikHealth pada Selasa (7/5/2019).

Kemudian yang harus diingat adalah usai makan malam sebaiknya jangan langsung tidur. Jeda waktu tersebut dapat kita isi dengan kegiatan positif atau ibadah lainnya. Selamat berbuka, detikers!

(frp/up)