Rabu, 08 Mei 2019 08:05 WIB

4 Tips Latihan Napas Biar Nggak Mudah Emosi Saat Puasa

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Teknik meditasi dengan mengatur napas bisa dipakai untuk mengendalikan emosi saat puasa. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Berpuasa menahan segala hawa nafsu dan emosi di bulan Ramadhan 2019 memang tidak mudah, apalagi dilakukan di tengah-tengah kegiatan sehari-hari yang bisa saja menimbulkan emosi negatif.

Untuk menenangkan diri, ada sebuah teknik latihan napas untuk menangkan sistem saraf untuk 'recharge' tubuhmu, bernama Sofrologi. Berikut adalah empat latihan teknik dari Florence Parot, ahli Sofrologi dan penulis buku, yang bisa kamu terapkan saat berpuasa sebagai cara mengendalikan emosi:


1. Shoulder pumping
Dikutip dari Mind Body Green, teknik ini sangat bagus untuk melawan rasa stres dan memberikan banyak energi. Kamu bisa melakukannya di tempat sepi, seperti di musala misalnya.

Pejamkan mata, dengarkan dan rasakan tubuhmu. Fokuskan pada area yang terasa sakit. Tarik napas dan angkat bahu, genggam tangan. Tahan napas, lalu naik dan turunkan bahu perlahan. Lalu keluarkan napas dan lemaskan bahu, ulangi seluruh gerakan sebanyak tiga kali.

2. Tense and release
Kamu bisa melakukan teknik ini dengan posisi apa saja, bahkan saat bekerja di meja kantor sekalipun. Teknik ini bisa menggunakan seluruh atau salah satu bagian tubuhmu.

Adaptasikan kekuatan kontraksi otot sesuai kemampuanmu, bisa lebih pelan atau kuat. Tujuannya adalah melepas ketegangan dan membuat tubuh mejadi rileks.

Pejamkan mata, dengarkan dan rasakan tubuhmu. Tarik napas dan kontraksikan otot di wajah, cari apakah ada rasa tidak nyaman di daerah tersebut. Lalu keluarkan napas keras-keras dan rilekskan otot tersebut, lepaskan ketegangan yang ada. Ulangi sebanyak tiga kali, dan lakukan hal yang sama pada seluruh bagian tubuhmu.


3. Bubble breathing
Latihan ini sangat tepat jika kamu juga sedang merasa burnout karena pekerjaan. Duduklah dan pejamkan mata. Lalu pusatkan perhatianmu pada napasmu dan bernapaslah seperti biasa.

Setiap kali kamu mengeluarkan napas, bayangkan aliran gelembung-gelembung gelap meninggalkan tubuhmu, membawa pergi rasa stres, rasa tegang dan rasa cemas. Kemudian tiap kali kamu menarik napas, bayangkan gelembung-gelembung emas masuk ke dalam tubuh membawa rasa damai, tenang dan apapun yang sedang kamu butuhkan saat itu. Lanjutkan hingga kamu merasa tenang.

4. Back-home visualization
Saat kita pulang ke rumah, biasanya kita tanpa sadar membawa stres yang terjadi di tempat kerja. Kamu bisa melakukannya usai salat tarawih. Duduklah di tempat sepi di rumah, lalu tutup mata.

Bayangkan dirimu meninggalkan kantor dan menutup pintu di belakangmu. Perlihatkan perjalananmu menuju ke rumah, menggunakan kereta, mobil, atau transportasi apapun yang kamu gunakan.

Lalu bayangkan kamu masuk ke dalam rumahmu, masuklah seperti biasa. Bayangkan ada seseorang yang menyapamu, dan perhatikan seisi rumah, carilah tempat yang kamu senangi. Lalu perhatikan apa yang dirasakan oleh tubuhmu setelah bekerja, rilekskan tubuhmu. Regangkan, gosok tangan dan buka matamu.


4 Tips Latihan Napas Biar Nggak Mudah Emosi Saat Puasa
(frp/up)