Kamis, 09 Mei 2019 12:24 WIB

Dua Pemain Ajax Buka Puasa di Sela Pertandingan, Begini Trik Olahraga saat Puasa

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ada dua pemain Ajax Amsterdam yang kedapatan berbuka puasa. Foto: Matthew Childs/Reuters Ada dua pemain Ajax Amsterdam yang kedapatan berbuka puasa. Foto: Matthew Childs/Reuters
Jakarta - Babak semifinal Liga Champions 2019 leg 2 antara Ajax Amsterdam vs Tottenham Hotspur menyorot kejadian istimewa di mana Noussair Mazraoui dan Hakim Ziyech, pemain Ajax kedapatan berbuka puasa.

Dikutip dari The Sun, Kamis (9/5), keduanya yang memang muslim berbuka puasa pada menit ke-22. Saat pertandingan berlangsung, Mazraoui dan Ziyech langsung menepi untuk menenggak minuman dan memakan makanan ringan.


Kalau kamu terinspirasi untuk berolahraga saat puasa seperti Mazraoui dan Ziyech, dr Michael Triangto, SpKO, beberapa waktu lalu menyarankan untuk sebaiknya menyesuaikan kebutuhan dan ketersediaan waktu terlebih dahulu. Jika kebutuhannya untuk menjaga kesehatan dan menjaga supaya tidak lemas atau ngantuk satu hari ke depan, bisa dilakukan olahraga ringan pada pagi hari.

"Bisa dilakukan setengah jam setelah sahur, intensitasnya ringan 30 menit sampai satu jam. Bisa jalan kaki, jalan cepat atau bersepeda. Atau olahraga lain yang fun dan menyenangkan kayak main bulutangkis, main bola sama anak yang penting buat main-main aja menggerakkan tubuh," tutur dr Michael kepada kepada detikHealth.

dr Michael pun menganjurkan permainan yang tidak berkompetisi. Dikhawatirkan, energi yang dikeluarkan terlalu banyak dan justru akan mudah lelah, dehidrasi, serta lapar. Ia pun menjabarkan terdapat proses yang disebut EPOC (Excess-Post exercise Oxygen Consumption) di mana setelah olahraga badan terasa hangat karena masih terjadi pembakaran lemak.

"Nah, untuk atlet, orang yang akan bertanding, atau body builder tubuhnya akan terasa sakit kalo nggak mengalami proses itu makanya olahraganya digeser saat malam hari atau sebelum berbuka," lanjutnya.

Dua Pemain Ajax Buka Puasa di Sela Pertandingan, Begini Trik Olahraga saat Puasa
(ask/up)