Kamis, 09 Mei 2019 12:48 WIB

4 Kondisi Kesehatan yang Bisa Terlihat dari Lidahmu (1)

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi lidah. (Foto: Thinkstock) Ilustrasi lidah. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Siapa sangka, lidah merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi kelangsungan hidupmu. Setiap hari, lidah terus bekerja seperti saat kita makan dan berbicara.

Lidah tentu saja tidak terbatas pada penggunaannya untuk mengecap dan merasa. Jika ada yang salah dalam sistem pencernaan bahkan kesehatanmu, tanda-tandanya mungkin terdapat di lidah.

Dikutip dari Reader's Digest, berikut kondisi kesehatan yang bisa terlihat dari lidahmu.



1. Lidah berwarna merah seperti stroberi

Kamu bisa jadi mengalami kekurangan vitamin. Lidah merah yang mengkilap dan cerah menandakan tubuh kekurangan zat besi atau vitamin B12. Vitamin B12 dan zat besi diperlukan oleh lidah untuk membentuk papila. Jika kurang maka akan menyebabkan rasa sakit saat memakan makanan yang panas dan pedas.

Selain itu, tubuh yang kekurangan vitamin akan mengalami gejala lain seperti kelelahan, tubuh lemah, masalah keseimbangan dan kesulitan memori.

2. Lidah berwarna kecoklatan atau kehitaman

Kesehatan mulut dan lidah yang tidak dijaga dengan baik akan mengakibatkan lidah berwarna kecoklatan dan kehitaman. Biasanya, lidah yang hitam juga disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti merokok atau minum kopi dan teh hitam.

Kalau ingin menghilangkannya, disarankan untuk menyikat lidah menggunakan alat pembersih lidah. Jika kamu merokok, baiknya dikurangi atau bahkan dihentikan untuk selama-lamanya.



3. Lidah berwarna putih seperti keju

Jika mengalami kondisi tersebut, mungkin kamu memiliki infeksi jamur. Lidah yang berselimut putih bisa berupa infeksi ragi oral yang disebabkan oleh produksi candida yang berlebihan.

Lidah adalah rumah yang baik bagi bakteri dan ragi. Ketika muncul berlebihan, disarankan untuk mengonsumsi antibiotik sebab jika dibiarkan akan menyebabkan gangguan dan sedikit rasa sakit pada lidah.

4. Lidah keriput

Ini menandakan kamu semakin tua karena lidah pun menunjukkan tanda-tanda penuaan. Celah dan retakan pada lidah biasanya tidak berbahaya tetapi masalah dapat timbul jika kebersihan gigi buruk yang dapat menyebabkan infeksi di dalam celah tersebut.


4 Kondisi Kesehatan yang Bisa Terlihat dari Lidahmu (1)
(kna/up)
News Feed