Kamis, 09 Mei 2019 13:34 WIB

5 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami Saat Puasa

Fithria Pratiwi - detikHealth
5 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami Saat Puasa/Foto: iStock 5 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami Saat Puasa/Foto: iStock
Jakarta - Saat puasa kulit kerap menjadi kering. Ada beberapa cara untuk mengatasinya secara alami. Mau tahu caranya?

Kulit yang kering menjadi salah satu hal yang menakutkan, karena setiap orang menginginkan kulit yang terlihat sehat dan bercahaya. Kulit yang kering bisa membuat kulit terkelupas, munculnya garis-garis halus, serta kerutan. Kulit yang kering dapat mengelupas dan terasa gatal.

Berikut cara mengatasi kulit kering secara alami:



1. Dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa akan mengisi ruang di antara sel-sel kulit yang dapat menghaluskan kulit. Hal ini karena sifat emolien yang dimilikinya. Asam lemak jenuh yang terdapat di dalam minyak kelapa memberikan kelembapan secara alami.

Kamu dapat menggunakan minyak kelapa setiap hari pada bagian tubuh, bisa juga mengoleskan pada kaki yang kering. Keuntungan menggunakan minyak kelapa adalah kamu tidak perlu mencampur dengan apa pun.

2. Dengan Lidah Buaya

Cara mengatasi kulit kering selanjutnya adalah menggunakan lidah buaya. Lidah buaya merupakan bahan terbaik yang banyak digunakan oleh produk-produk kecantikan untuk tubuh.

Kandungan yang terdapat di dalamnya dapat membantu melawan sengatan sinar matahari dan kulit kering. Mengatasi kulit kering dengan lidah buaya dapat dengan cara menggunakan krim lidah buaya pada tubuh yang kering.

Kamu juga bisa membuat masker lidah buaya untuk mengatasi kulit kering pada wajah. Menggunakan krim lidah buaya yang dicampur dengan minyak almond juga bagus untuk melembabkan kulit.

3. Perawatan dengan Yoghurt dan Telur

Protein dan lemak baik dalam telur dan yoghurt dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering secara alami. Keduanya juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas dari polusi udara.

Cara menggunakannya, ambil beberapa sendok yoghurt murni tanpa tambahan gula dan perasa, kemudian campurkan telur ke dalamnya. Oleskan campuran ini langsung ke kulit dan pijat perlahan sampai meresap sempurna. Biarkan selama 10 menit dan bersihkan dengan air hangat sampai bersih.



4. Mandi atau Kompres dengan Air Hangat

Kulit kering yang bersisik dapat kamu atasi dengan mengompres menggunakan air hangat. Gunakan waslap yang telah direndam air hangat, kemudian gosok lembut dengan gerakan melingkar kecil untuk mengangkat sisa kulit mati.

Ulangi beberapa kali sampai adanya perubahan. Selain itu, dengan mandi menggunakan air hangat juga dapat membantu mengangkat kulit yang kering.

5. Menggunakan Madu

Madu dapat membantu mengambalikan kelembapan kulit. Bahan alami madu mampu mengatasi kulit yang kering. Kamu bisa mengoleskan madu pada kulit bibir dan tumit yang kering.

Salah satu cara mengatasi kulit kering secara alami yaitu dengan mengontrol apa saja yang kita konsumsi. Rajin mengonsumsi air juga dapat menjaga agar kulit terhidrasi dengan baik. Hal ini tak hanya bagus untuk kulit, tetapi juga membuat badan lebih segar.

Selamat mencoba!
5 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami Saat Puasa
(nwy/up)
News Feed