Kamis, 09 Mei 2019 15:35 WIB

Sudah Terima Laporan, Kemenkes Selidiki Penyakit Misterius di Jeneponto

Roshma Widiyani - detikHealth
Kemenkes masih menyelidiki penyakit misterius di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Foto: Thinkstock Kemenkes masih menyelidiki penyakit misterius di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Penyakit misterius yang menewaskan 3 warga Desa Garonggong, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan terus diselidiki. Hingga kini belum diketahui penyakit yang juga menyebabkan puluhan warga desa lainnya sakit.

"Saat ini sedang dilakukan verifikasi lapangan, setelah sebelumnya menerima laporan dari daerah," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Anung Sugihantono pada detikHealth, Kamis (9/5/2019).


Dikutip dari detik.com, tim gabungan telah dibentuk untuk kembali ke lokasi infeksi penyakit. Tim yang anggotanya berasal dari Dinas Kesehatan Sulsel, Kemenkes, dan para ahli ini akan mengambil spesimen baru untuk melakukan penyelidikan ulang.

Tes sebelumnya membuktikan warga tidak terserang Demam Berdarah Dengue (DBD), chikungunya, zika, dan leptospirosis. Dengan hasil ini kemungkinan warga terserang virus atau bakteri baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Dinas Kesehatan dan tim dari RS Takalar sempat menduga warga yang tewas terkena tifus. Dugaan yang didukung hasil pemeriksaan pasien yang tewas ini sekarang diselidiki lebih lanjut.

(up/up)