Kamis, 09 Mei 2019 16:01 WIB

Rampok di Sukabumi Terekam CCTV Lagi BAB, Buang Sial atau Gangguan Mental?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Perampok di Sukabumi BAB saat beraksi, diduga buang sial (Foto: Syahdan Alamsyah) Perampok di Sukabumi BAB saat beraksi, diduga buang sial (Foto: Syahdan Alamsyah)
Jakarta - Kawanan perampok minimarket di Cisaat, Sukabumi bikin heboh karena perilakunya yang ganjil. Mereka terekam CCTV sedang buang air besar besar (BAB), disebut-sebut sebagai bagian dari ritual mistik.

Kasatreskrim Polres Sukabumi Kota AKP Rijaldi Satria telah menampik dugaan ritual mistik. Kemungkinan memang sedang kebelet dan tidak bisa menahan hasrat BAB.

Faktanya, perilaku BAB di tempat umum cukup sering ditemukan dan dikenal dengan istilah 'serial pooper'. Terbaru, seorang pria di Brisbane tertangkap basah melakukannya saat jogging.

Pria ini sebelumnya sudah bikin resah warga dan sempat tertangkap kamera tengah melakukan aksinya, saat masih menggunakan pakaian olahraga. Karenanya ia dijuluki 'poo jogger'.

Situasi serupa juga pernah terjadi di Colorado, pada seorang wanita yang juga BAB sembarangan sembari jogging. Ia dijuluki mad pooper.


Wanita di Colorado berjuluk The Mad Pooper karena suka BAB sembarangan saat jogging.Wanita di Colorado berjuluk The Mad Pooper karena suka BAB sembarangan saat jogging. Foto: BBC


Dugaan kebelet bisa saja dialamatkan ke orang-orang ini, karena olahraga terbukti bisa memicu masalah gastrointestinal. Lari termasuk olahraga berat yang memicu 'permeabilitas mukosal', kondisi yang membuat BAB makin susah dikontrol.

Namun kebelet bukan satu-satunya penjelasan di balik fenomena 'serial pooper'. Seorang psikolog di Boston, Sharon Chirban menyebut BAB di tempat umum sebagai vandalisme untuk mengekspresikan agresi atau kemarahan.

"Seperti halnya perilaku vandalis lain seperti menggembosi ban, graffiti, atau merusak rumput dengan garam, motovasinya bisa marah atau iri," jelasnya, dikutip dari Men's Health.



Pendapat lain disampaikan oleh Mike Berry, psikolog forensik dari Birmingham City University. Salah satu petunjuk penting pada perilaku BAB sembarangan di tempat umum adalah: apakah dilakukan di tempat yang sama?

Bila iya, "Ini menjadi sebuah pesan untuk seseorang atau sekelompok orang," jelasnya, dikutip dari BBC.

Mike Fisher dari British Association of Anger Management mengatakan BAB sembarangan di tempat umum bisa menunjukkan ekspresi kemarahan. Seseorang yang bersosialisasi dengan baik, akan berpikir berulang kali untuk melakukannya.

"Maksud saya, seseorang yang BAB di tempat umum punya masalah kesehatan mental. Sesimpel itu," tegasnya.

(up/fds)
News Feed