Kamis, 09 Mei 2019 16:26 WIB

Penyakit Misterius Gegerkan Jeneponto, Ini Laporan yang Diterima Kemenkes

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi penyakit misterius di Jeneponto yang laporannya sudah diterima Kemenkes. Foto: iStock Ilustrasi penyakit misterius di Jeneponto yang laporannya sudah diterima Kemenkes. Foto: iStock
Jakarta - Penyakit misterius menyerang puluhan warga Jeneponto, Sulawesi Selatan. Kementerian Kesehatan telah mendapatkan laporannya dan menerjunkan tim untuk menyelidiki.

"Data yang ada febris, peningkatan widal mereka yang panas. Pemeriksaan lepto, JE negatif," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Anung Sugihantono pada detikHealth, Kamis (9/5/2019).

Lepto atau leptospirosis merupakan infeksi yang ditularkan oleh tikus, dikenal juga dengan istilah penyakit kencing tikus. Sedangkan JE merupakan singkatan populer untuk Japanese Enchepalitis, infeksi yang ditularkan oleh nyamuk.


Anung menyebut, pihaknya saat ini tengah melakukan verifikasi di lapangan. Tim gabungan yang memeriksa berasal dari Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Kemenkes, dan para ahli.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengakui penyebab serangan penyakit di Jeneponto belum bisa dipastikan. Di antaranya karena tidak ada gejala khas, dan hasil pemeriksaan sejumlah penyakit menunjukkan hasil negatif.

"Gejalanya tidak khas untuk penyakit tertentu yaitu demam, nyeri sendi, sakit perut. Kejadian dari pertengahan Maret sampai dengan tanggal 17 April, setelah itu tidak ada kasus yang sama," kata Nadia.

(up/up)