Kamis, 09 Mei 2019 17:27 WIB

5 Manfaat Super Habbatussauda alias Jintan Hitam untuk Kesehatan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Habbatussauda atau jintan jitam yang bermanfaat bagi kesehatan. Foto: shutterstock Habbatussauda atau jintan jitam yang bermanfaat bagi kesehatan. Foto: shutterstock
Jakarta - Habbatussauda menjadi salah satu sunnah dari Nabi Muhammad SAW dan disebut menjadi obat dari segala penyakit. Berbagai penelitian mengenai bahan yang satu ini pun mengungkap fakta menarik mengenai khasiat dari habbatussauda atau jintan hitam.

Selama bulan Ramadhan, habbatussauda bisa masuk dalam diet kamu agar selalu sehat dan bugar. Berikut ini lima manfaatnya seperti dikutip dari berbagai sumber.


1. Bisa membuat lebih 'macho'

Diduga kandungan zinc (seng) dalam habbatussauda dapat memicu bentuk free testosteron. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Prof Eulis Datau SpPD dari Universitas Sam Ratulangi Manado, diketahui bahwa free testosteron akan mengalami peningkatan dalam setiap 50 mg per kilogram Habatussauda.

"Sampai saat ini memang belum ada studi yang benar-benar fokus dan membelah kandungan habbatussauda, tapi salah satu zat yang diduga mengaktifkan testosteron adalah seng," kata kata dr Phaidon L Toruan, MM, kala itu.

dr Phaidon menambahkan, sebelum menjadi free testosteron, bentuk awal testosteron sebenarnya adalah kolesterol. "Jadi untuk meningkatkan testosteron, konsumsilah kolesterol yang banyak. Tapi masalahnya banyak orang yang kelebihan kolesterol tapi sedikit yang mengubahnya menjadi testosteron," tambahnya.

2. Melawan jerawat

Dikutip dari NDTV, jus jeruk nipis dan minyak jintan hitam dapat memperbaiki banyak masalah kulit. Untuk setiap cangkir jus jeruk nipis, kamu membutuhkan sekitar setengah sendok teh minyak jintan hitam. Oleskan minyak dua kali sehari di wajah. Noda dan jerawat dipercaya akan hilang. Jika kamu menyimpan minyak jintan hitam murni, kamu juga bisa menggunakannya untuk merawat tumit yang pecah-pecah dengan mengoleskannya.

3. Menjaga gigi tetap sehat

Tahukah kamu bahwa habbatussauda telah digunakan secara tradisional untuk merawat masalah gigi seperti pembengkakan atau pendarahan gusi, dan gigi yang lemah? Tentu saja kamu tetap perlu menemui dokter gigi untuk kontrol kesehatan secara rutin, tetapi kamu juga dapat memijat gigi dengan sedikit minyak habbatussauda dua kali sehari untuk memperkuat gusi.

4. Dipercaya bisa membantu membunuh bakteri

Bakteri penyebab penyakit dari infeksi berbahaya, mulai dari infeksi telinga hingga pneumonia. Beberapa penelitian tabung telah menemukan habbatussauda mungkin memiliki sifat antibakteri dan efektif dalam memerangi bakteri tertentu.

Meskipun ada beberapa penelitian yang mendukung hal ini, perlu kajian lebih lanjut mengenai hal ini.

5. Menguatkan sistem imun

Minyak habbatussauda, madu, dan air hangat memiliki manfaat lain yakni dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh apabila dikonsumsi setiap hari. Jika kamu menambahkan minyak jintan hitam dalam air mendidih dan menghirup asapnya, itu juga dapat mengurangi hidung tersumbat, dan membantu mereka yang mengalami masalah sinusitis.

(ask/up)
News Feed