Kamis, 09 Mei 2019 17:45 WIB

4 Kondisi Kesehatan yang Bisa Terlihat dari Lidahmu (2)

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kondisi kesehatan bisa diamati dari lidah (Foto: Thinkstock) Kondisi kesehatan bisa diamati dari lidah (Foto: Thinkstock)
Jakarta -
Saat mengunjungi dokter, kamu mungkin pernah diminta untuk membuka mulut dan menjulurkan lidah terlebih dahulu sebelum mereka melakukan pemeriksaan lanjutan.
Lidah ternyata bisa memberikan gambaran tentang kondisi kesehatanmu saat itu. Sebab, ciri lidah yang sehat adalah berwarna merah muda dengan bintik kecil atau papila.
Apabila kamu melihat ada yang aneh, bisa saja itu dipengaruhi oleh penyakit tertentu. Dikutip dari Reader's Digest, berikut kondisi kesehatan yang bisa terlihat dari lidahmu.
1. Terdapat bercak kecil putih di lidah
Ini berarti sesuatu mengiritasi mulutmu. Bercah putih tanpa rasa sakit atau leukoplakia disebabkan oleh pertumbuhan sel yang berlebihan dan sering dikaitkan dengan perokok. Dalam banyak kasusm leuplakia akan menghilang ketika berhenti merokok yang akan mencegahmu dari penyakit lidah.
2. Sensasi terbakar di lidah
Kamu menggunakan pasta gigi yang salah atau sedang berada di masa pascamenopause. Jika lidah menyengat dan terbakar seolah tersiram air panas, perubahan hormon pun bisa menjadi pemicu. Meski sindrom lidah terbakar bisa terjadi pada siapa saja, wanita tujuh kali lebih mungkin mengalaminya daripada pria.
Beberapa orang yang mengalami sensasi ini bisa juga karena alergi pada jenis pasta gigi tertentu misal jika terdapat bahan yang disebut sodium lauryl sulfate (SLS), yang dapat menyebabkan sengatan tersebut.
3. Terdapat luka yang menyakitkan di lidah
Bisa jadi kamu sedang stres. Terkadang, rasa sakitnya bertahan selama lima hari kemudian mereda dan muncul kembali sampai akhirnya menghilang setelah dua minggu. Tetapi tenang saja, luka yang kamu alami tidak akan menulari pasanganmu.
4. Lidah seperti berlubang dan berwarna merah terang
Jika kamu mengalaminya, hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda kanker lidah jika tidak menghilang dengan sendirinya selama dua minggu. Gejala ini tidak hanya menyerang usia tua, tetapi yang produktif pun bisa terkena.
Gejala ini banyak terjadi pada perokok atau juga karena virus HPV. Selalu cek ketika kamu merasa ada yang aneh meski tidak mengganggu aktivitas harianmu. Sebab, kebanyakan kanker mulut tidak terasa sakit ketika berada di stadium awal.


(kna/up)
News Feed