Jumat, 10 Mei 2019 09:38 WIB

Viral Ramuan Minyak Tanah Sembuhkan Asam Urat, Bagaimana Faktanya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Asam urat bisa disembuhkan dengan ramuan minyak tanah di kaki? (Foto: Tangkapan layar Facebook) Asam urat bisa disembuhkan dengan ramuan minyak tanah di kaki? (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta - Di media sosial beredar informasi bahwa ramuan minyak tanah, garam dan es batu dapat dipakai untuk sembuhkan asam urat serta kondisi medis lainnya. Disebutkan bahwa seseorang hanya perlu merendam kaki di ramuan tersebut setiap hari.

Berikut contoh pesan yang dikutip dari salah satu unggahan pengguna Facebook:


"Begni cara mengobati penyakit asam urat,kolestrol,tekanan darah tinggi..
Bahan yg di gunakan..
1.minyak tanah 1 liter
2.garam dapur 1 bks
3.es batu 2 bungkus di hancurkan..

Diaduk didalam tempat seperti Poto diatasi lalu rendam kaki kita sampai semampu kita menahan rasa sakitnya..di ulang trus sampai 4 kali setiap hari..

Selamat mencoba.."

Halaman stophoax.id yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengkonfirmasi bahwa informasi tersebut hoaks atau berita bohong. Tidak ada bukti penelitian ilmiah bahwa ramuan minyak tanah dapat menyembuhkan asam urat, kolesterol, hingga darah tinggi.

"Faktanya menurut Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kotawaringin Barat dr Fachrudin bahwa belum ada penelitian terkait hal itu. Pengobatan alternatif atau tradisional terkadang memang melabrak aturan medis yang terutama dalam pengobatan modern," tulis Kominfo di situsnya seperti dikutip pada Jumat (10/5/2019).


Viral Ramuan Minyak Tanah Sembuhkan Asam Urat, Bagaimana Faktanya?
(fds/up)
News Feed