Jumat, 10 Mei 2019 17:45 WIB

Cara Mengkonsumsi Habatussauda, Tak Perlu Terlalu Banyak Asal Teratur

Rosmha Widiyani - detikHealth
Habbatussauda atau jintan hitam yang sebaiknya dikonsumsi tiap hari. Foto: shutterstock Habbatussauda atau jintan hitam yang sebaiknya dikonsumsi tiap hari. Foto: shutterstock
Jakarta - Konsumsi habbatussauda atau jintan hitam dipercaya bisa berdampak baik pada kesehatan tubuh. Tumbuhan ini bahkan disebut obat dari segala jenis penyakit karena punya banyak manfaat.

Menurut ustaz dr Zaidul Akbar, konsumsi habbatussauda tiap hari tidak perlu terlalu banyak. Konsumsi teratur hingga selepas puasa Ramadhan, mampu memperbaiki fungsi organ di dalam tubuh.

"Sehari cukup 1-3 butir tiap pagi, siang, dan malam. Jangan sampai terlewat ya supaya tubuh bisa mendapat manfaatnya. Konsumsi jintan hitam bisa dengan buah misal nanas supaya lebih enak," kata dr Zaidul pada detikHealth.


Menurut dr Zaidul, salah satu kandungan habbatusauda adalah pregnenolone atau yang biasa disebut master of hormone. Zat tersebut membantu keseimbangan hormon di dalam tubuh.

"Pregnenolone mampu mengatur kembali keseimbangan hormon yang mempengaruhi fungsi seluruh organ. Hormon yang seimbang juga mempengaruhi daya tahan tubuh menghadapi segala jenis infeksi," kata dr Zaidul.

Dikutip dari Web MD, pregnenolon digunakan dalam semua jenis hormon steroid yang terbuat dari turunan lemak. Hormon steroid berperan dalam metabolisme tubuh, mengatur dan menjaga tekanan darah, keseimbangan air, dan kerja ginjal.

(up/up)