Jumat, 10 Mei 2019 19:15 WIB

Terlalu Banyak Makan Kurma, Apa Efeknya Bagi Tubuh?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kurma yang bermanfaat jika dikonsumsi secukupnya. Foto: Shutterstock Kurma yang bermanfaat jika dikonsumsi secukupnya. Foto: Shutterstock
Jakarta - Saat berbuka puasa, anjuran yang disunnahkan oleh Rasulullah adalah mengonsumsi kurma sekurang-kurangnya 3 butir. Kurma memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga dianggap mampu mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Keistimewaan kurma lainnya yakni kalorinya yang tinggi. Dalam 100 gram kurma atau sekitar 10 butir mengandung sekitar 280 kalori, selain itu karbohidratnya pun tinggi. Tapi tentu saja ada efeknya jika dikonsumsi secara berlebihan.

"Jadi kurma ketika dia dimakan bisa langsung menaikkan kadar gula darah. Kalau misalnya dimakan berlebihan dan masih makan makanan yang lain misalnya kolak, es buah, nah itu maka akan terjadi penumpukan karbohidrat," kata Dietsien Instalasi Gizi RS Cipto Mangunkusumo, Triyani Kresnawan, DCN, MKes, RD, kepada detikHealth, Jumat (10/5/2019).


Triyani menambahkan, jenis kurma yang basah dan kering sama saja kandungannya. Berbeda dengan kurma hijau yang kalorinya agak kecil karena rasanya tidak manis.

"Ketika makan kurma terlalu berlebihan, akan terjadi penumpukan karbohidrat yang banyak bisa menjadikan trigeliserin atau lemak-lemak di dalam tubuh," sebutnya.

Jadi, makan 3 butir kurma sudah cukup ya. Kalau masih pengin, boleh diselingi lagi saat makan malam atau ketika sahur.

(kna/up)