Sabtu, 11 Mei 2019 13:00 WIB

Pasta Gigi Berbahan Charcoal Bisa Jadi Buruk untuk Kesehatan Gigi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pasta gigi berbahan charcoal bisa merusak email gigi. (Foto: Thinkstock) Pasta gigi berbahan charcoal bisa merusak email gigi. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Pasta gigi berbahan charcoal atau arang saat ini menjadi primadona karena dianggap mampu memutihkan gigi secara alami. Namun, jika kamu berpikir untuk membeli, mungkin keputusan itu harus dipikirikan ulang sebab pasta gigi berbahan charcoal bisa jadi buruk untuk kesehatan gigimu.

Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh British Dental Journal menemukan bahwa pasta gigi berbahan charcoal sebenarnya dapat meningkatkan risiko lecet dan berkontribusi pada kerusakan gigi dan bahkan gagal memutihkan gigi.

Dikutip dari Metro.co.uk, pasta gigi seharusnya mengandung flouride yang dibutuhkan untuk memerangi kerusakan gigi. Nyatanya, setelah melalui uji coba pada 50 pasta gigi berbahan charcoal, hanya 8 persen yang mengandung flouride.



50 persen pasta gigi berbahan charcoal diklaim memiliki manfaat terapeutik sementara 30 persen diklaim dapat memperkuat gigi. Selebihnya mengklaim manfaat antibakteri dan antiseptik. Setelah diteliti, tidak ada satupun klaim dari produk tersebut yang terbukti.

Dr Linda Greenwall, penulis utama studi dari British Dental Bleaching Society mengatakan sangat penting untuk mencari pasta gigi yang mengandung kalsium, fluorida, dan fosfat karena ini semua diperlukan untuk memperkuat enamel gigi.

"Pasta gigi harus mengandung flouride untuk memiliki manfaat kesehatan tambahan pada gigi. Aspek paling mengkhawatirkan dari pasta gigi charcoal adalah tak ada satupun klain yang dibuktikan kebenarannya," ujarnya.

(kna/up)