Sabtu, 11 Mei 2019 22:05 WIB

5 Manfaat Bunga Echinacea untuk Kesehatan Tubuh

Fithria Pratiwi - detikHealth
5 Manfaat Bunga Echinacea untuk Kesehatan Tubuh/Foto: iStock 5 Manfaat Bunga Echinacea untuk Kesehatan Tubuh/Foto: iStock
Jakarta - Ada beberapa bunga yang dapat bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya bunga echinacea. Apa saja manfaat bunga achinacea yang kamu ketahui?

Echinacea adalah bunga yang banyak tumbuh di Eropa dan Amerika Utara. Bunga echinacea berbentuk seperti duri landak yang sedang marah. Di Amerika, bunga ini digunakan untuk salah satu pengobatan herbal yang populer. Apa saja manfaat bunga ini?



1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Echinacea memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bunga ini mampu mencegah serangan flu, serta memberikan penyembuhan yang cepat jika terserang flu.

Bagi kamu yang sedang mengonsumsi obat penekan sistem imun sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi echinacea. Hal ini dapat memberikan efek samping yang buruk bagi tubuh.

Selain untuk orang dewasa, memberikan ekstrak bunga echinacea pada anak dan bayi dapat menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit. Namun harus dikonsultasikan terlebih dulu kepada dokter untuk pemberian ekstrak echinacea tersebut pada bayi. Selain itu, echinacea juga bagus untuk mencegah infeksi bakteri vagina, salah satunya keputihan.

2. Pereda Nyeri

Bunga echinacea juga dapat digunakan untuk penghilang rasa nyeri, di antaranya sakit perut, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan sakit gigi. Gunakan echinacea yang telah dikeringkan dengan cara diseduh sebagai teh. Selain itu, kamu juga bisa mencampurnya pada menu masakan seperti saus pasta.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Banyak produk kecantikan menggunakan saripati bunga echinacea ini untuk produk penghilang jerawat. Hal ini disebabkan, kandungan pada bunga ini mampu mengatasi bakteri pada jerawat.

4. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan tanin di dalam bunga achinacea mampu mencegah penuaan dini. Ekstrak pada bunga ini dapat menyegarkan kulit dan membuat wajah tampak lebih muda. Keriput dan tanda penuaan juga dapat teratasi jika kamu menggunakan secara teratur.



5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Echinacea sangat bagus untuk mengatasi diabetes. Bunga ini mampu mengendalikan gula darah di dalam tubuh. Tidak saja untuk penderita diabetes, echinacea juga mampu menjaga gula darah rendah.

Ekstrak bunga echinacea dapat diolah dengan dua cara, yaitu kering dan cair. Ekstrak bubuk kering dapat kamu konsumsi dengan dosis 300-500 mg dan dapat dikonsumsi 3 kali sehari. Sementara ekstrak cair dapat dikonsumsi 2,5 ml yang bisa diminum 3 kali sehari. Selain itu banyak beredar di pasaran suplemen atau obat yang mengandung ekstrak echinea.

Dengan 5 manfaat bunga echinacea ini dapat kamu coba sebagai pilihan herbalmu. Tetapi kamu harus mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter ya.



(nwy/up)
News Feed