Minggu, 12 Mei 2019 04:34 WIB

5 Penyakit Mematikan di Balik Meninggalnya Ratusan Anggota KPPS

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Stres dan kelelahan bisa menjadi pemicu terjadinya gangguan kesehatan yang berakibat fatal (Foto: Pradita Utama) Stres dan kelelahan bisa menjadi pemicu terjadinya gangguan kesehatan yang berakibat fatal (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Ratusan petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) meninggal sejak Pemilu 17 April 2019. Kementerian Kesehatan menyebut 13 penyakit yang menjadi penyebabnya, sebagian di antaranya masuk dalam daftar 10 penyakit paling mematikan menurut WHO.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyebut banyaknya petugas yang meninggal bisa juga disebabkan oleh ketidaktahuan atas kondisi kesehatan. Saat dibebani dengan stres yang kelelahan, maka bisa muncul gangguan kesehatan yang berakibat fatal.

"Orang Indonesia itu 34 persen, hampir 40 persen, itu punya hipertensi (tekanan darah tinggi). Dan 70 persen dari 40 persen itu tadi tidak mengetahui dirinya menderita hipertensi," kata Menkes Nila dalam sebuah pertemuan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru-baru ini.



Selain hipertensi, gagal jantung dan stroke juga termasuk dalam 13 penyakit penyebab meninggalnya ratusan petugas KPPS. Ketiga penyakit ini termasuk dalam kategori penyakit kardiovaskular yakni penyakit yang menyerang sistem jantung (kardio) dan peredaran darah (vaskular).

Di AS, The American Heart Association (AHA) memperkirakan setiap hari 2.300 orang meninggal karena penyakit kardiovaskular. Artinya, terjadi kematian akibat penyakit tersebut tiap 38 detik.



Dirangkum dari berbagai sumber, berikut angka kematian beberapa penyakit mematikan yang dikaitkan dengan meninggalnya ratusan petugas KPPS.

1. Stroke
Bersama-sama dengan penyakit jantung iskhemik, stroke menyebabkan 15,2 juta kematian pada 2016. Keduanya merupakan penyakit paling mematikan dalam 15 tahun terakhir.

2. Gagal jantung
AHA memperkirakan gagal jantung atau heart failure memberikan kontribusi 9 persen pada seluruh kematian terkait penyakit kardiovaskular di Amerika Serikat. Otot jantung yang rusak atau melemah merupakan penyebab utamanya.

3. Diabetes melitus
Dikenal sebagai penyakit kencing manis, diabetes melitus membunuh 1,6 juga orang pada 2016. Komplikasi penyakit ini bisa menyerang mata, ginjal, jantung dan banyak organ penting lainnya.



4. Hipertensi
Pada 2013, Center for Disease Control and Prevention (CDC) mencatat hipertensi sebagai penyebab utama pada 360.000 kematian di Amerika Serikat. Bila diambil rerata, maka didapat angka nyaris 1.000 kematian tiap hari. Hipertensi meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan dalam jangka panjang, gagal jantung.

5. Gagal ginjal
Gagal ginjal terjadi ketika fungsi ginjal tersisa kurang dari 15 persen akibat penyakit ginjal kronis. Diabetes dan tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol bisa menjadi penyebab utamanya. Di Inggris, diperkirakan 19 orang meninggal setiap hari karena gagal ginjal.


Tonton juga video Aneka Analisis Peneliti Pemilu soal Beratnya Beban Petugas KPPS:

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed