Minggu, 12 Mei 2019 10:26 WIB

Lengkapi Puasamu dengan yang Bernutrisi

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Saat berpuasa, semua orang perlu mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Sebab kalau tidak disertai pola makan yang sehat saat sahur dan berbuka yang sehat, tubuh bisa kekurangan nutrisi.

Meski kadang terasa malas untuk bangun sahur, tapi sebenarnya sahur sama pentingnya dengan sarapan. Makan sahur bisa membantu mempertahankan energi untuk beraktivitas seharian sampai waktu berbuka.

"Sama seperti sarapan, sahur adalah bagian terpenting untuk mempertahankan energi selama seharian sampai tiba waktu berbuka. Makan dengan tepat saat sahur adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi seimbang dari karbohidrat kompleks, serat, dan protein," ujar Medical Advisor Kalbe Nutritionals dr. Ervina Hasti W kepada detikHealth, Minggu (12/5/2019).


Lalu saat waktu berbuka tiba, sebagian orang akan kalap dan langsung mengonsumsi banyak makanan sehingga membuat perut terasa kembung atau begah.

"Karena itu berbuka puasalah dengan makan secukupnya secara bertahap. Mulai berbukalah dengan makanan yang ringan yang suhunya disesuaikan dengan suhu tubuh, jangan terlampau dingin. Contohnya seperti kurma, minuman serealia, teh hangat atau air putih. Nah selang beberapa jam kemudian, barulah makan besar," jelas dr. Ervina.


Selain itu, saat sahur dan berbuka juga penting untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks karena mengandung serat tinggi. Selain membuat kenyang lebih lama, makanan berserat tinggi juga bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan. Beberapa makanan yang tinggi serat di antaranya beras merah, gandum, dan oat.

Agar lebih praktis, coba lengkapi menu sahur dan berbuka dengan Entrasol QuickStart, yakni satu satunya minuman sereal dengan chia seeds yang kayak serat dan dilengkapi Pro-Fit Formula untuk melengkapi puasa agar bernutrisi dan pas kenyangnya.

Entrasol Quickstart merupakan minuman serealia yang bersumber dari oat pilihan dan chia seeds yang mengandung tinggi serat, serta diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral. (mul/mpr)