Minggu, 12 Mei 2019 11:09 WIB

Dikira Akting, Pegulat Ini Jatuh Sungguhan Lalu Tewas

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi dugaan serangan jantung yang menyebabkan pegulat Silver King jatuh dan tewas. Foto: thinkstock Ilustrasi dugaan serangan jantung yang menyebabkan pegulat Silver King jatuh dan tewas. Foto: thinkstock
Jakarta - Mantan pegulat World Championship Wrestling (WCW) Silver King tewas saat tengah beraksi di Roundhouse Theatre. Penonton dan rekan sesama pegulat awalnya mengira Silver King yang jatuh adalah bagian dari akting. Namun akting pegulat asal Meksiko tersebut tak sesuai skenario.

Saat beraksi, Silver King sedang melawan mantan pegulat World Wrestling Entertainment (WWE) Juventud 'The Juice' Guerrera pada Sabtu malam waktu setempat. Petugas dan rekan yang menyadari ada yang tidak beres langsung melakukan pertolongan pertama. Petugas juga mengevakuasi penonton keluar arena pertandingan.

"Mereka sedang gulat ketika berhenti karena seperti ada sesuatu yang salah. Pegulat lain segera melakukan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR), serta memasukkan defibrilator ke dalam arena. Namun tidak ada ambulan hingga 20 menit sejak kejadian yang menyeramkan tersebut," kata seorang saksi kepada The Sun dikutip dari Daily Mail.


Prosedur CPR dan defibrilator identik dengan pertolongan pertama pada serangan jantung. Dikutip dari situs National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI), defibrilator adalah perangkat elektronik untuk mengembalikan irama jantung. Defibrilator bekerja dengan mengirim kejutan listrik pada jantung dengan irama tak beraturan (arrhythmia).

Kejutan listrik diharapkan bisa mengembalikan irama detak jantung dari yang semula terlalu lambat atau cepat. Defibrilator yang tersedia di publik biasanya bertipe Automated External Defibrillators (AEDs), yang bisa digunakan siapa saja tanpa pelatihan lebih dulu. Alat ini didesain untuk menyelamatkan orang yang mengalami henti jantung tiba-tiba atau sudden cardiac arrest.

Sementara prosedur CPR biasa dilakukan pada orang yang juga terkena henti jantung mendadak. Prosedur dilakukan dengan mengecek napas korban terlebih dulu selama 5-10 detik. Jika masih bernapas, CPR diberikan dengan menekan dada 30 kali dan bantuan napas mulut ke mulut 2 kali. Prosedur terus diberikan hingga korban memberi respon atau dengan kondisi tertentu.

World Wrestling Council telah mengumumkan kematian pegulat bernama asli Cuauhtemoc Gonzalez Barron tersebut melalui Twitter. Silver King sebelumnya sempat membintangi komedi Nacho Libre pada 2006 serta sebuah film bersama Jack Black.



Hati-hati Sakit Jantung Bisa Menyerang Usia Muda! Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)