Senin, 13 Mei 2019 03:37 WIB

Penyakit Misterius di Jeneponto Masih Diusut, Dugaan Antraks Dikaji

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kajian dugaan antraks pada penyakit misterius di Jeneponto masih dilakukan. Foto: Thinkstock Kajian dugaan antraks pada 'penyakit misterius' di Jeneponto masih dilakukan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Tim Kementerian Kesehatan masih melakukan kajian atas 'penyakit misterius' yang menyerang puluhan orang di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Kecurigaan mengarah juga ke antraks.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi. Menurutnya, tim masih melakukan pemeriksaan laboratorium.

"Masih ada beberapa kecurigaan. Bisa karena typhoid, bisa leptospirosis karena higiene dan sanitasi lingkunga yang tidak baik," kata Nadia kepada detikHealth, Minggu (12/5/2019).

"Dan yang satu lagi antraks, karena semua kasus yang terkena adalah yang hadir dalam pesta rakyat menyambut bulan Ramadhan," lanjutnya.


Dilaporkan sebelumnya, Dinas Kesehatan setempat bersama Kementerian Kesehatan telah membentuk tim khusus bersama para ahli dan lembaga terkait. Tim ini akan mengambil sampel darah ternak dan lingkungan sekitar Jeneponto.

Puluhan warga Jeneponto dilaporkan terserang penyakit dengan gejala demam, nyeri sendi, dan sakit perut. Pemeriksaan demam berdarah dengue (DBD), leptospirosis, chikungunya, maupun Japanese Encephalitis menunjukkan hasil negatif sehingga belum bisa dipastikan penyebabnya.

(up/up)
News Feed