Senin, 13 Mei 2019 11:08 WIB

Ssstt... Kandungan Siwak Ternyata Lebih Sakti dari Pasta Gigi

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kandungan siwak melebihi kandungan pasta gigi. Foto: iStock Kandungan siwak melebihi kandungan pasta gigi. Foto: iStock
Jakarta - Dalam Islam, siwak merupakan alat pembersih rongga mulut, sama halnya dengan sikat gigi dan pasta gigi. Begitu istimewanya siwak karena mengandung beberapa bahan yang biasa ditemukan pada pasta gigi, namun berasal dari bahan alami.

Menurut ustaz yang juga seorang dokter dr Zaidul Akbar, siwak mengandung bahan-bahan alami yang bahkan tidak bisa digantikan oleh pasta gigi.

"Siwak itu dari tumbuhan ciptaan Allah SWT yang luar biasa. Menurut scientific, siwak mengandung bahan-bahan yang bisa menjaga kesehatan rongga mulut," ujarnya kepada detikHealth, Senin (13/5/2019).



Kayu siwak mengandung klorida, pottasium, sodium bicarbonate, fluoride, silika, sulfur, vitamin C, trimethyl amine, salvadorine, tannins dan beberapa mineral lainnya. Selain itu siwak mengandung antibacterial acid yang dapat memerangi bakteri di rongga mulut.

drg Nada Ismah, SpOrt, dari Fakultas dan Gigi Universitas Indonesia mengatakan bahwa flouride berfungsi untuk membantu menjaga email gigi tetap sempurna dan mencegah gigi berlubang. Sementara silika merupakan komponen yang membantu mengurangi abrasi gigi. Dan klorida membantu menjaga gigi tetap putih.

"Vitamin C untuk menjaga kesehatan gusi, supaya tidak mudah berdarah," katanya, seperti dikutip dari artikel detikHealth sebelumnya.

(wdw/fds)
News Feed