Senin, 13 Mei 2019 19:04 WIB

Dokter Ingatkan Risiko Jika Bocah Tak Sengaja Telan Alkohol

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ilustrasi anak sakit. Foto: Thinkstock Ilustrasi anak sakit. Foto: Thinkstock
Jakarta - Video balita yang diduga diminumkan alkohol oleh seorang wanita sudah cukup membuat geram. Meski tidak tahu pasti apa yang ada dalam kaleng tersebut, apakah benar bir atau telah diganti dengan isi lain, ini bisa menjadi pembelajaran.

Nah yang jadi catatan, bukan cuma bir, orang tua juga harus mengawasi anak dengan benda-benda lain yang juga mengandung alkohol, demikian saran dari dr Laurentya Olga, MPhil, dokter pemerhati anak dan PhD research fellow di University of Cambridge.


"Banyak kasus yang nggak sengaja gitu, kan bayi atau anak suka ngegeratak gitu ya jadi nggak sengaja keminum dari obat batuk yang mengandung alkohol, pembersih muka, hand sanitizer, mouthwash, pembersih muka yg mengandung alkohol, dan lain-lain. Nah efek buruknya bisa sama aja jadi hati-hati," jelas dr Olga kepada detikHealth.

Lagi, dr Olga mengingatkan kalau rentang aman konsumsi alkohol untuk bayi dan anak itu nggak ada loh. Makanya berhati-hati banget karena risiko mengancam kesehatan bisa sangat menakutkan.

"Makanya aturan batasan umur untuk konsumsi alkohol di semua negara itu ada dasar medisnya karena memang bahaya kalau dikonsumsi di bawah umur," tandasnya.

(ask/up)