Selasa, 14 Mei 2019 04:39 WIB

Mesti Tahu, 4 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Berulang Kali

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ilustrasi nasi. Foto: Istock Ilustrasi nasi. Foto: Istock
Jakarta - Saat sahur, kebiasaan memanaskan makanan sering dilakukan. Berbagai alasan, tapi paling sering karena tidak ada waktu untuk memasak lagi menjelang waktu sahur. Tapi ingat, untuk empat menu ini jangan dibiasakan ya karena bisa membahayakan tubuh.

Menurut Ahli Nutrisi Lokendra Tomar dari Weight Loss Clinic, Delhi, salah satu aturan yang kudu dicatat adalah tidak memanaskan ulang makanan berprotein tinggi. Baca selengkapnya menu-menu yang tidak dianjurkan untuk dipanaskan berulang kali, seperti ditulis Food NDTV.


1. Sayuran dengan nitrat yang tinggi

Jika kamu memiliki bayam atau sayuran berdaun hijau, wortel, lobak atau seledri, hindari memanaskannya kembali dalam microwave. Sayuran kaya nitrat ini ketika dipanaskan lagi dapat berubah menjadi zat yang melepaskan sifat karsinogenik.

Bayam mengandung zat besi dalam jumlah besar, karenanya memanaskan dan memanaskan bayam lagi dapat mengoksidasi zat besi yang ada dalam bayam. Oksidasi zat besi menghasilkan radikal bebas berbahaya yang diketahui menyebabkan banyak penyakit termasuk infertilitas dan kanker.

2. Telur

Telur merupakan sumber protein yang tinggi, namun telur yang dimasak atau telur rebus dapat menyebabkan kerusakan serius ketika terkena panas berulang kali. Setelah kamu memasak telur, segera santap, tetapi jika disimpan dalam waktu yang lama, jangan dipanaskan lagi, melainkan makan dalam keadaan dingin saja karena makanan berprotein tinggi mengandung banyak nitrogen.

Nitrogen ini dapat teroksidasi karena pemanasan ulang, yang selanjutnya bisa memicu kanker.


3. Jamur

Dianjurkan untuk segera makan jamur setelah dimasak. Idealnya, jamur tidak boleh disimpan untuk dikonsumsi pada hari berikutnya karena merupakan sumber protein dan memiliki jumlah mineral yang banyak. Nah, dengan memanaskannya kembali, kamu menghancurkan protein ini yang mana bisa mengarah pada menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan.

Ditambah, memanaskannya akan menghasilkan racun yang mengandung nitrogen teroksidasi dan radikal bebas.

4. Nasi

Kamu mungkin terkejut, tetapi nasi juga termasuk dalam kategori ini. Menurut Foods Standards Agency (FSA), kamu bisa mengalami keracunan makanan dengan makan nasi yang dipanaskan kembali. Ini disebabkan oleh adanya bakteri yang sangat resisten yang disebut Bacillus Cereus.

Panas membunuh bakteri ini, tetapi dapat menghasilkan spora yang beracun. Setelah nasi dipanaskan dan ditinggalkan pada suhu kamar, setiap spora yang dikandungnya dapat berlipat ganda, yang selanjutnya menyebabkan keracunan makanan saat dikonsumsi. Wah, masak nasi mulai sekarang secukupnya saja ya biar bisa langsung habis di hari yang sama.



Catat! Tidur Setelah Sahur Itu Bahaya Lho:

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)
News Feed
CNN ID
×
Layar Demokrasi
Layar Demokrasi Selengkapnya