Rabu, 15 Mei 2019 14:23 WIB

Bertengkar Hebat dengan Pasangan, Pria Ini Dilarikan ke RS karena Hiperventilasi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi pasangan bertengkar. (Foto: istock) Ilustrasi pasangan bertengkar. (Foto: istock)
Jakarta - Pertengkaran dan perdebatan di antara pasangan adalah bagian yang tidak terhindarkan saat menjalani suatu hubungan. Tapi pernah nggak sih kamu sebegitu marahnya sampai harus dirawat di rumah sakit?

Seorang mahasiswa universitas bernama Xiao Chen yang berasal dari Jiangsu, China, dilarikan ke rumah sakit setelah bertengkar dengan pacarnya pada 3 Mei lalu.

Dilansir dari World of Buzz, pria muda ini dikirim ke ruang gawat darurat karena badannya kaku dan dia tidak bisa berbicara. Awalnya dokter mengira dia habis mengonsumsi alkohol atau zat ilegal. Setelah itu, dokter diberitahu Xiao Chen bertengkar hebat dengan pasangannya sebelum dibawa ke unit gawat darurat.


"Emosinya mulai tinggi dan dia tidak bisa tenang untuk waktu yang lama. Saat itulah tubuhnya mulai sesak, tangannya mengepal erat dan tidak bisa diluruskan," tutur dokter yang menanganinya.

Setelah itu, dokter mendiagnosis Xiao Chen dengan sindrom hiperventilasi yang akan terjadi ketika seseorang gelisah, cemas dan stres.

Sindrom ini terjadi ketika bernapas berlebihan yang menyebabkan kekakuan otot, kesemutan, pusing dan sesak di sekitar dada. Dokter juga mengatakan Xiao Chen menderita alkolasis pernapasan akibat hiperventilasi.

Untungnya setelah melakukan berbagai perawatan, Xiao Chen sembuh total dan akhirnya keluar dari rumah sakit. Dokter menyarankannya untuk tetap tenang dan mengontrol emosinya.

(kna/up)