Rabu, 15 Mei 2019 15:28 WIB

Tebak Mana Foto yang Lagi Sakit! Kata Peneliti Harusnya Bisa Ketahuan Lho

Firdaus Anwar - detikHealth
Coba tebak mana di antara foto ini yang menunjukkan orang sakit. (Foto: Jurnal Brain, Behavior, and Immunity) Coba tebak mana di antara foto ini yang menunjukkan orang sakit. (Foto: Jurnal Brain, Behavior, and Immunity)
Jakarta - Para peneliti di Karolinska Institute, Swedia, melakukan eksperimen dengan menyuntik 22 relawan dengan bakteri atau plasebo. Sebelumnya peneliti mengambil foto wajah para relawan dalam kondisi sehat dan diulang lagi setelah terkonfirmasi tanda-tanda penyakit infeksi seperti inflamasi.

Untuk apa tujuannya? Menurut laporan peneliti dalam jurnal Brain, Behavior, and Immunity ini adalah eksperimen untuk membuktikan kemampuan manusia mengidentifikasi orang sakit hanya dari penglihatan saja.

Foto-foto relawan sakit karena disuntik bakteri E.coli dan relawan sehat karena disuntik plasebo lalu dikumpulkan untuk dinilai oleh 49 partisipan peneliti lain. Partisipan diminta untuk memberikan angka dari -5 untuk sangat sakit hingga 5 untuk sangat sehat.


Hasilnya terbukti relawan yang memang sakit dengan tanda inflamasi dinilai buruk oleh partisipan. Selain itu relawan yang sakit juga disebut lebih menunjukkan ekspresi emosi negatif seperti sedih dan jijik.

Partisipan menekankan tanda-tanda seperti sudut mulut lebih turun, kelopak mata lebih menutup, serta kulit dan bibir yang lebih pucat

Menurut peneliti kemungkinan kemampuan untuk menilai sakit atau tidak hanya dari penglihatan ini bagian dari mekanisme perilaku pertahanan manusia. Ketika seseorang sakit dirinya mungkin tidak menyadari memberikan sinyal dalam bentuk bahasa tubuh yang bisa ditangkap oleh orang lain agar tidak mendekat.

"Kesimpulan kami adalah ekspresi emosi ini yang mungkin berkontribusi terhadap kemampuan deteksi dan menghindari individu sakit infeksi, menjadi bagian dari perilaku pertahanan terhadap penyakit," kata peneliti seperti dikutip dari jurnal pada Rabu (15/5/2019).

Nah dalam foto dalam artikel ini sendiri wajah wanita sehat ada di sebelah kiri sementara yang sakit di sebelah kanan.

Ada yang bisa menjawab benar?Ada yang bisa menjawab benar? (Foto: Jurnal Brain, Behavior, and Immunity)


(fds/up)
News Feed