Rabu, 15 Mei 2019 16:04 WIB

Punya Batu Ginjal Seperti Dorce Gamalama, Amankah Ikut Puasa?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Dorce Gamalama mengaku tengah bergelut dengan batu ginjal dan sakit gula (Foto: 20Detik) Dorce Gamalama mengaku tengah bergelut dengan batu ginjal dan sakit gula (Foto: 20Detik)
Jakarta - Dorce Gamalama kini tengah mengidap batu ginjal, yang sudah 2 bulan bersarang di tubuhnya. Namun, Dorce tetap menjalankan puasa dan ibadah lain selama bulan Ramadhan. Dorce bersyukur puasanya belum ada yang batal hingga hari ini Rabu (15/5/2019).

"Alhamdulillah jangan sampai dong. Insyaallah jangan. Walaupun cuma panas-panas siang biasalah nggak usah dibatalin. Alhamdulillah. Jam 1 (dini hari) saya tahajjud. Abis itu langsung baca Alquran terus sahur terus baca-baca," kata Dorce dikutip dari detikcom.



Menurut dokter ahli urologi Dr dr Nur Rasyid, SpU(K), batu ginjal sebetulnya tak perlu sampai menghalangi pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan. Pasien batu ginjal masih tetap melaksanakan puasa seperti biasa.

"Yang penting cukup minum waktu sahur dan buka, jangan sampai kurang. Pasien batu ginjal masih bisa puasa selama fungsi organ tersebut tidak terganggu, misal mengalami gagal ginjal. Batu ginjal belum tentu menjadi gagal ginjal," kata dr Nur Rasyid pada detikHealth.

Cukup minum mengacu pada konsumsi 8 gelas yang setara 2 liter air putih per hari. Pasien juga sebaiknya rutin kontrol untuk mengetahui perbaikan kondisi batu ginjal, serta tindak pengobatan yang sebaiknya diambil.

(up/up)