Kamis, 16 Mei 2019 06:04 WIB

Sehat Nggak Sih Minum Teh Susu? Begini Penjelasannya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Sehatkah teh susu bagi kesehatan? Foto: iStock Sehatkah teh susu bagi kesehatan? Foto: iStock
Jakarta - Saat sahur atau untuk mengawali hari nampaknya teh susu bukan pilihan yang tepat. Boleh rasanya sedap, tapi banyak ahli menyarankan untuk tak memulai hari dengan secangkir teh susu, karena akan menyebabkan keasaman.

"Susu membuat teh bersifat asam. Teh memiliki antioksidan katekin yang kuat dan epicatechin, tetapi menambahkan susu mengurangi jumlah antioksidan ini membuat minuman sehat ini menjadi sumber peradangan dan keasaman. Selain itu, menambahkan gula membuatnya menjadi lebih buruk lagi," jelas Pelatih Kesehatan Makrobiotik, Shilpa Arora, dikutip dari Food NDTV.

Di samping itu, meskipun reaksi teh campur susu tidak parah sekalipun, ini tetapi dapat menghambat manfaat dari teh itu sendiri.


Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Heart Journal menyebutkan bahwa peminum teh dapat memiliki perlindungan terhadap penyakit jantung. Namun, manfaatnya bisa terhapus jika susu ditambahkan dalam minuman tersebut.

"Antioksidan dalam teh juga membantu melawan penuaan, kanker, dan gangguan kesehatan lainnya. Karena menambahkan susu dalam teh memengaruhi susunan kimiawi dan manfaat kesehatan, maka berpotensi meniadakan manfaat antioksidan lain dari minum teh itu sendiri," kata nutrisionis lainnya, Swati Kapoor, ditulis Practo.

Ya boleh-boleh saja sih kalau kamu masih tetap ingin minum teh susu, akan tetapi yang sering jadi masalah lain adalah memperhatikan kadar gula dalam teh susu. Seringkali pemberiannya jadi berlebihan karena mau mencicip rasa yang super manis. Kalau sekadar saran nih friends, coba deh mengganti ini dengan minum teh jenis lain yang pastinya menyehatkan seperti chamomile atau teh hijau.

(ask/up)
News Feed