Kamis, 16 Mei 2019 12:00 WIB

Apa Itu Dermatitis Atopik? Viral Gara-gara Kebiasaan Cubit Pipi Bayi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Viral kisah bayi yang terserang dermatitis atopik (Foto: tangkapan layar) Viral kisah bayi yang terserang dermatitis atopik (Foto: tangkapan layar)
Jakarta - Sebuah kisah viral di media sosial mengisahkan seorang bayi terserang eksem atau dermatitis atopik. Menurut sang ayah, penyebabnya adalah sembarangan mencubit pipi si bayi dengan tangan yang tidak higienis.

Sebenarnya, apa itu dermatitis atopik? Dikutip dari Mayo clinic, dermatitis atopik adalah kondisi yang menyebabkan kulit merah dan gatal. Umumnya ditemukan pada anak tetapi bisa terjadi juga pada segala usia.

Dermatitis atopik merupakan kondisi kronis yang berlangsung lama dan cenderung muncul (flare) secara berkala. Bisa juga disertai dengan asma atau hay fever.

Belum ada pengobatan untuk dermatitis atopik. Tetapi perawatan tertentu bisa meredakan gatal dan mencegah kekambuhan. Misalnya dengan menghindari sabun yan tidak cocok, menggunakan pelembab, dan memakai salep.



Normalnya, kulit selalu lembab dan melindungi dari bakteri, serta penyebab iritasi dan alergi. Eksem atau dermatitis atopik berhubungan dengan variasi gen yang menyebabkan kulit tidak punya kemampuan proteksi tersebut. Karenanya, kulit mudah terpengaruh oleh faktor lingkungan.

Pada anak, alergi makanan bisa berperan dalam timbulnya eksem. Riwayat eksem, alergi, dan asma dalam keluarga juga termasuk dalam faktor risiko.

(up/fds)
News Feed