Kamis, 16 Mei 2019 13:59 WIB

Kehilangan Empedu Seperti Rano Karno? Ini Makanan yang Disarankan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Rano Karno telah menjalani operasi empedu. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Rano Karno telah menjalani operasi empedu. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Rano Karno belum lama ini menjalani operasi empedu yang membuat dirinya harus benar-benar menjaga asupan makan dan pola makannya sehari-hari.

Empedu memiliki peranan penting dalam sistem pencernaan dan sistem ekskresi manusia. Dan jika seseorang mengalami masalah pada empedunya, maka benar-benar harus memerhatikan makanan yang baik bagi pencernaannya.

Dikutip dari Very Well Health, ada beberapa aturan makanan yang harus rutin dikonsumsi setelah menjalani operasi empedu.



1. Setelah operasi

Dalam beberapa hari pasca operasi empedu, sistem pencernaan belum pulih. Biasanya dokter akan merekomendasikan diet hambar, bening, dan cair. Setelah mulai mengeluarkan gas atau buang angin dan buang air besar, dokter menyarankan untuk makanan lunak yang mudah dicerna. Ini memungkinkan tubuh untuk fokus pada proses penyembuhan dan beradaptasi dengan perubahan cara empedu diproses.

Contoh makanan lunak meliputi jeli, sup, kaldu, telur, atau ayam dan ikan yang dikukus.

2. Sayuran dikukus

Ketika sayur dikukus, maka lebih mudah mengikat asam empedu dan mengurangi jumlah asam empedu masuk ke usus besar. Ini dapat mengurangi kemungkinan terjadinya diare.

Kamu bisa mengukus dan mengonsumsi brokoli, wortel, kubis, sawi, dan kale.

3. Makanan mengandung serat larut

Makanan yang mengandung serat larut akan menyerap air dan berubah bentuk menjadi gel. Serat larut efektif untuk mengikat asam empedu yang dapat mengurangi dampak negatif pada fungsi usus, serta membantu mencegah diare dan ketidaknyamanan lambung.

Sumber makanan serat larut bisa ditemukan di apel, pisang, blueberry, kecambah, brokoli, wortel, buncis, kacang-kacangan, plum, dan stroberi.

4. Makanan berlemak sehat

Meskipun kemampuan tubuh mencerna lemak akan terbatas karena tidak adanya kantung empedu, tubuh masih perlu mengonsumsi beberapa lemak sehat untuk menjaga nutrisi sehat. Bahkan setelah operasi kantung empedu, pankreas akan terus memompa enzim untuk membantu memecah lemak. Nah, dengan hilangnya empedu berarti harus bijak memilih makanan agar tidak membuat berat badan meningkat.

Lemak sehat bisa ditemukan pada alpukat, minyak kelapa, ikan, zaitun, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

(wdw/up)