Jumat, 17 Mei 2019 02:37 WIB

Kurangi Asupan Lemak Turunkan Risiko Kematian akibat Kanker Payudara

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Goreng-gorengan (Foto: shutterstock) Goreng-gorengan (Foto: shutterstock)
Jakarta - Kalau kamu penggemar makan gorengan, ada baiknya dari sekarang mulai membatasi diri. Menurut penelitian, mengurangi asupan lemak dan memperbanyak makan buah bisa menurunkan risiko kematian akibat kanker payudara.

Dalam penelitian tersebut, sekelompok perempuan diminta mengurangi asupan lemak sebesar 20 persen dan memperbanyak makan buah, sayur, dan gandum. Sekelompok yang lain menjalani rutinitas seperti biasa.

Hasilnya, kelompok yang menjalani eksperimen mengalami penurunan risiko kematian akibat kanker payudara sebesar 20persen. Para ilmuwan mempresentasikan temuan ini dalam pertemuan American Society of Clinical Oncology di Chicago.

"Ini benar-benar menunjukkan bahwa mengubah diet, menurunkan berat badan, olahraga, benar-benar bisa mengobati," kata Dr Jennifer Ligibel dari Dana-Farber Cancer Institute, dikutip dari Dailymail.



Meski temuan ini dinilai menjanjikan, diet seperti yang dilakukan dalam eksperimen ini tidak mengamati penurunan risiko kanker payudara. Tetap saja, peningkatan peluang untuk bertahan hidup adalah hal yang menggembirakan.

Statistik memperkirakan 1 dari 8 perempuan di Inggris dan Amerika Serikat mengalami kanker payudara. Tiap tahun penyakit ini membunuh sekitar 40 ribu jiwa.

(up/up)