Jumat, 17 Mei 2019 09:51 WIB

Wajib Tahu! 5 Tanda Flu Sudah Mulai Berbahaya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi flu. Foto: shutterstock Ilustrasi flu. Foto: shutterstock
Jakarta - Flu adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza dan merupakan penyakit yang kerap kita alami sehari-hari. Sering kali kita menganggap flu sangat biasa dialami, misalnya karena perubahan cuaca.

Kebanyakan orang menganggap flu sama seperti pilek, padahal gejala flu lebih parah daripada pilek. Gejala pilek meliputi hidung tersumbat dan sakit tenggorokan, sedangkan flu gejalanya ditambah demam, kedinginan, sakit kepala, dan kelelahan ekstrem.

Jika kamu terserang flu sebaiknya melakukan pemeriksaan untuk memeriksa virus influenza yang menyerang tubuhmu. Karena jika gejalanya seperti disebut di bawah, maka flu yang kamu idap mulai berbahaya.



1. Terdapat infeksi sekunder

Yang dimaksud infeksi sekunder adalah infeksi yang muncul bersamaan dengan flu. Biasanya virus influenza bisa menyebabkan infeksi sekunder seperti pneumonia. Jika tidak ditangani dengan cepat, kondisi serius lain seperti peradangan jantung, peradangan otak, dan sepsis bisa terjadi dan dapat mengakibatkan kegagalan organ atau kematian.

2. Susah napas

Kesulitan bernapas secara normal atau sesak napas yang luar biasa adalah salah satu tanda bahwa kamu mengalami komplikasi flu. Bahkan jika lebih parah, kamu tidak bisa menarik napas panjang. Gejala tersebut mengindikasikan pneumonia.



3. Nyeri dada

Jika saat flu disertai dengan nyeri dada, sebaiknya segera memeriksakan ke dokter. Ada kemungkinan itu adalah tanda dari infeksi seperti radang jantung (miokarditis) atau radang di selaput jantung (perikarditis). Terlebih lagi jika sudah pernah mengalami masalah jantung sebelumnya, infeksi akibat flu dapat memperburuk kondisi.

4. Tiba-tiba pusing atau kebingungan

Saat flu disertai demam, itu mudah membuatmu pusing dan juga bingung. Keduanya bisa jadi tanda adanya suatu infeksi. Sebaiknya segera memeriksakan kondisi tubuh ke dokter jika terdapat dua tanda tersebut.

5. Muntah-muntah

Biasanya jika saat flu juga disertai dengan muntah hanya terjadi satu atau dua hari. Namun jika muntah terjadi cukup parah dan cukup sering lebih dari dua hari, disertai demam tinggi, kamu harus segera mencari bantuan dokter.




Simak Juga 'Kopi Bisa Sembuhkan Flu, Hoax atau Fakta Ya?':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)