Jumat, 17 Mei 2019 18:30 WIB

Cegah Masuknya Cacar Monyet, KKP Batam Pasang 6 Thermal Scanner

Roshma Widiyani - detikHealth
Alat Thermo Scan yang dipasang di Bandara Adisutjipto. Foto: Istimewa/detikcom Alat Thermo Scan yang dipasang di Bandara Adisutjipto. Foto: Istimewa/detikcom
Jakarta - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam memasang 6 thermal scanner mengantisipasi penyakit cacar monyet. Lokasi pemasangan adalah titik yang ramai dilalui warga dalam serta luar Indonesia, yang dari dan menuju Batam atau Singapura.

"Sebanyak 3 alat kita pasang di Pelabuhan Batam Center, Sekupang Internasional, dan Harbor Bay. Sementara 2 lainnya dipasang di pelabuhan yang tidak terlalu besar namun ada untuk penumpang yaitu Pelabuhan Nongsapura Terminal dan Marina City. Kita pasang juga di Bandara Hang Nadim meski yang dilayani adalah perjalanan ke Malaysia," kata Kepala Bidang Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi (PKSE) KKP Kelas I Batam Romer Simanungkalit pada detikHealth, Jumat (17/5/2019).


Romer mengatakan, thermal scanner atau alat pemindai suhu tubuh dipasang di sebelum zona imigrasi. Penempatan di titik ini memungkinkan penumpang melalui pemeriksaan suhu tubuh tanpa merasa terganggu. Hal ini juga menjadi kesepakatan dengan pihak pengelola pelabuhan.

Deteksi suhu tubuh dengan thermal scanner adalah langkah penapisan awal cacar monyet. Penumpang yang suhu tubuhnya terdeteksi lebih dari 38 derajat Celcius akan ditarik petugas kesehatan. Penumpang selanjutnya mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

Sejumlah pintu keluar masuk Indonesia bersiap mengantisipasi masuknya penyakit cacar monyet. Penyakit ini ditemukan Singapura pada seorang warga Nigeria yang berkunjung ke negara tersebut. Batam sendiri adalah wilayah strategis dan paling dekat dengan Singapura.

(up/up)