Sabtu, 18 Mei 2019 02:39 WIB

7 Manfaat Yoga Saat Puasa yang Dapat Kamu Rasakan

Fithria Pratiwi - detikHealth
7 Manfaat Yoga Saat Puasa yang Dapat Kamu Rasakan/Foto: istock 7 Manfaat Yoga Saat Puasa yang Dapat Kamu Rasakan/Foto: istock
Jakarta - Bulan Ramadhan bukan berarti tidak bisa melakukan olahraga. Kamu dapat melakukan olahraga yoga walaupun tengah berpuasa. Apa manfaat jika melakukannya?

Pada saat berpuasa, kamu dapat memilih olahraga ringan seperti yoga. Yoga merupakan olahraga santai yang tidak memerlukan banyak energi yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan jika dilakukan dengan tepat. Berikut manfaat yoga yang dapat kamu rasakan:

1. Melatih Kesabaran

Yoga merupakan olahraga yang dapat melatih kesabaran. Gerakan yoga dilakukan dalam hitungan napas dan setiap gerakan berakhir dengan hitungan napas yang telah selesai. Dengan melewati hal tersebutlah olahraga yoga dapat melatih kesabaran.

2. Merelaksaksi Pikiran

Selain mengatur pernapasan, gerakan yoga juga membutuhkan keseimbangan tubuh. Hal ini membutuhkan keadaan rileks dan tenang. Kamu dapat menyalakan musik untuk menciptakan suasana yang nyaman. Dengan rutin melakukannya, kamu akan mudah mengendalikan diri.

3. Meningkatkan Kelincahan Tubuh

Olahraga yoga memiliki gerakan yang beragam. Gerakan-gerakan ini membutuhkan keseimbangan, kekuatan otot dan kelenturan tubuh.

Jika kamu dapat menerapkan dengan benar gerakan-gerakan tersebut, kamu akan dapat menjaga kelincahan tubuh. Jangan menyerah jika terlalu sulit pada saat di awal mencoba gerakan yoga.

4. Menjaga Postur Tubuh

Manfaat yoga saat puasa yang dapat kamu dapatkan adalah menjaga postur tubuh. Gerakan yoga melibatkan kekuatan otot dan membuatnya lebih produktif. Dengan rutin berlatih, kamu akan mendapatkan postur tubuh yang terbentuk ideal dengan sendirinya.

Selain itu, yoga dapat membantu tubuh lebih peka terhadap perubahan tubuh. Misalnya, ketika kamu berada pada postur duduk yang membungkuk, tubuh akan segera merubah posisi yang benar.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Istirahat berkualitas sulit didapatkan oleh orang-orang yang banyak beban pikiran. Dengan melakukan yoga dapat merelaksasikan pikiran dan mendapatkan pikiran yang positif, serta dapat memiliki tidur yang lebih nyenyak.

Pada saat puasa, waktu tidur berkurang karena harus terjaga saat sahur, dengan melakukan olahraga yoga membuat kamu mendapatkan waktu tidur yang berkualitas agar tetap bugar menjalani puasa.

6. Mengatasi Sakit Punggung

Gerakan-gerakan yoga dapat membantu untuk mengatasi sakit punggung. Hal ini dikarenakan gerakan peregangan tubuh yang ada pada yoga dapat membantu melenturkan tubuh termasuk ketegangan otot di punggung.

7. Menurunkan Berat Badan

Banyak wanita yang mengikuti kelas yoga karena olahraga ini dipercayai dapat menurunkan berat badan. Di samping diet yang dilakukan, berlatih satu jam yoga, dapat membakar kalori lebih dibandingkan dengan berjalan kaki santai.

Itulah manfaat yoga saat puasa yang dapat kamu lakukan. Pada saat puasa, kamu dapat melakukan yoga satu atau dua jam sebelum buka. Jangan terlalu paksakan badanmu agar tidak dehidrasi dan malah membuat puasa tidak lancar. Melakukan olahraga di bulan puasa dapat kamu kurangi intensitasnya agar tetap mendapatkan manfaat melakukan yoga serta tetap menjalani ibadah puasa.


Tonton juga video Pantang Menyerah! Ikhtiar Sutopo Lawan Skoliosis Lewat Yoga:

[Gambas:Video 20detik]


7 Manfaat Yoga Saat Puasa yang Dapat Kamu Rasakan
(nwy/up)