Sabtu, 18 Mei 2019 03:08 WIB

Saran Ahli Soal Minuman yang Baik untuk Sahur

Firdaus Anwar - detikHealth
Air putih adalah pilihan terbaik untuk minum saat sahur (Foto: iStock) Air putih adalah pilihan terbaik untuk minum saat sahur (Foto: iStock)
Jakarta - Minum adalah salah satu bagian paling penting saat sahur, mengingat asupan cairan dalam sehari akan sangat dibatasi. Salah memilih minuman bisa berdampak pada berbagai masalah kesehatan.

Kopi dan teh termasuk minuman yang kurang dianjurkan untuk sahur. Alasannya, kedua minuman ini mengandung kafein yang sifatnya diuretik atau merangsang buang air kecil. Kecuali butuh banget karena sedang terkantuk-kantuk, sebaiknya dihindari.

"Kalaupun mau minum kopi, sebaiknya setelah buka puasa. Kalaupun jadi haus, bisa minum lagi," saran Nutrisionis Rachel Olsen.

Minuman lainnya yang juga kurang dianjurkan untuk sahur adalah isotonik. Kandungan dalam jenis minuman ini lebih cocok dikonsumsi saat sedang banyak berkeringat, misalnya saat olahraga. Sedangkan pada saat sahur, tubuh lebih membutuhkan cairan itu sendiri.



Gula yang terkandung di dalamnya juga harus diperhitungkan sebagai asupan kalori, terutama bagi orang yang memiliki obesitas atau diabetes melitus. Sedangkan elektrolit natrium (Na) yang dikonsumsi berlebihan bisa memperburuk tekanan darah pada orang yang memiliki hipertensi.

Begitu pula dengan tambahan elektrolit lain juga bisa memperburuk fungsi ginjal seseorang yang memang sudah memiliki gangguan ginjal sebelumnya.

"Sebagian produk isotonik ini ada juga yang berasa asam, hal ini tentu saja akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada orang yang memiliki masalah lambung," kata dr Ari.

Jadi jawabannya sudah jelas ya, air putih tetap yang terbaik untuk dikonsumsi saat sahur.



Tonton juga video Intip Dapur Masjid Istiqlal saat Tim Siapkan Takjil:

[Gambas:Video 20detik]


Saran Ahli Soal Minuman yang Baik untuk Sahur
(fds/up)
News Feed