Sabtu, 18 Mei 2019 18:09 WIB

Biar Bukber Nggak Cuma Wacana, Begini Tipsnya Agar Semua Datang

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Tips psikolog biar buka bersama bukan wacana forever. Foto: iStock Tips psikolog biar buka bersama bukan wacana forever. Foto: iStock
Jakarta - Pas rencana buka bersama alias bukber, semua orang di grup mendadak ramai. Katanya di sini aja, yang satunya heboh bilang di sana aja, eh pas hari H ternyata yang datang sedikit. Hehe, kisah klasik ya. Kamu sendiri bisa jadi salah satu orang yang ikut nggak hadir saat buka bersama. Ngaku deh.

Ya intinya banyak alasan yang bisa membuat orang terpaksa untuk tidak hadir dalam acara buka bersama. Hal ini dijelaskan oleh ahli psikologi terapan Personal Growth, Ghianina Yasira Armand, BSc Psychology, MSc Child Development.

"Kemacetan jalanan biasanya salah satu hal yang paling sering menghambat acara bukber, ada juga misalnya masih ada pekerjaan belum selesai atau yah karena males aja dan pingin buka di rumah saja," ujar Ghianina.


Meski kecewa, coba untuk pahami ya alasan temanmu berhalangan hadir di acara bukber. Namun, Ghianina membagikan tips supaya semua orang bisa hadir dalam acara buka bersama. Bagaimana caranya tuh? Tipsnya adalah dengan menjadikan setiap orang punya tanggung jawab untuk hadir bukber.

"Caranya mungkin dengan rencana dari jauh-jauh hari, book reservation (pesan tempat dari jauh-jauh hari) di suatu tempat, atau pesan makanan duluan, jadi orang pun punya tanggung jawab untuk datang," tutupnya.

(ask/wdw)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya