Minggu, 19 Mei 2019 05:05 WIB

Taylor Swift Sering Makan Saat Tidur, Salah Satu Gejala Parasomnia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Taylor Swift mengaku sering makan saat tidur (Foto: Kevin Winter/Getty Images) Taylor Swift mengaku sering makan saat tidur (Foto: Kevin Winter/Getty Images)
Jakarta - Pernah tanpa sadar pergi ke dapur lalu makan dengan lahapnya saat sedang tidur lelap? Penyanyi Taylor Swift mengaku sering mengalaminya.

Pengakuan ini diungkapnya dalam sebuah wawancara di The Ellen Show, dalam satu segmen yang dinamakan Burning Questions. Awalnya, penyanyi 29 tahun ini ditanya apa yang dilakukan bila tidak bisa tidur tengah malam.

"Saya turun dan mencari-cari di dapur dan menyantap apa saja yang saya temukan. Benar-benar tidak seperti manusia, lebih mirip rakun di tempat sampah," kata Swift, dikutip dari Mirror.co.uk.

Uniknya, Swift melakukannya tanpa bisa mengingat apa yang dilakukannya sepanjang malam. Biasanya ia baru menyadari apa yang terjadi keesokan harinya, saat mendatangi dapur. Saat ditegaskan apa itu gejala sleep eating, Swift menjawab.

"Sepertinya begitu. Saya tidak terlalu mengingatnya, tapi saya tahu ini terjadi kalau bukan saya ...ya kucing," katanya.



Sleep eating atau kebiasaan makan saat tidur merupakan salah satu gangguan tidur yang disebut parasomnia. Walau tak selazim parasomnia lainnya seperti berjalan saat tidur atau sleep walking, sleep eating sering ditemukan pada orang-orang dengan sleep walking.

Dikutip dari WebMD, kebiasaan makan saat tidur bila cukup sering terjadi bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti peningkatan berat badan dan risiko mengalami diabetes tipe 2.

Gangguan tidur ini bisa dialami laki-laki maupun perempuan, namun dilaporkan perempuan lebih sering mengalaminya. Terjadi umumnya pada fase non-rapid eye movement di paruh pertama tidur malam.




Simak Juga 'Mengenal Pica, Gangguan Makan Aneh':

[Gambas:Video 20detik]

Taylor Swift Sering Makan Saat Tidur, Salah Satu Gejala Parasomnia
(up/up)
News Feed