Minggu, 19 Mei 2019 10:43 WIB

Tidur Berkualitas Kunci Turunkan Gula Darah

Mustiana Lestari - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Tidur nyenyak dan berkualitas ternyata bagus untuk kesehatan, termasuk untuk menurunkan gula darah. Kebiasaan tidur yang buruk dan kurang istirahat memengaruhi kadar gula darah.

"Keadaan kurang tidur maupun kualitas tidur yang buruk atau tidur pada waktu yang salah dapat mengganggu produksi insulin sehingga berpotensi menyebabkan peningkatan kadar gula darah," ujar Medical Advisor Kalbe Nutritionals dr. Ervina Hasti W kepada detikHealth, Minggu (19/5/2019).


Menurutnya, istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan hal ini merupakan kebiasaan sehat yang bisa membantu mengelola kadar hormon dalam tubuh.

"Tidur yang cukup dapat menyeimbangkan hormon dan mencegah peningkatan kadar gula darah bila diimbangi dengan pola makan yang tepat, gaya hidup sehat serta tetap beraktivitas," lanjut dr. Ervina.


dr. Ervina menyebut idealnya tidur yang baik berkisar antara tujuh sampai sembilan jam per malam. Apalagi didukung dengan jadwal tidur dan bangun yang normal.

Selain dengan memperbaiki pola tidur, kadar gula darah juga bisa dikontrol dengan mengonsumsi Diabetasol yang mengandung Vita Digest Pro dan indeks glikemik rendah yang bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dan buat puasa menjadi lancar.

Tidur Berkualitas Kunci Turunkan Gula Darah
(mul/mpr)