Minggu, 19 Mei 2019 13:28 WIB

Diduga Serangan Jantung, Seorang Pria Tewas Saat Main Bulu Tangkis

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi serangan jantung yang bisa mengakibatkan meninggal mendadak. Foto: Getty Images Ilustrasi serangan jantung yang bisa mengakibatkan meninggal mendadak. Foto: Getty Images
Jakarta - Seorang pria yang tidak disebutkan identitasnya meninggal mendadak saat main badminton. Dalam video yang diunggah China Press, pria tersebut terlihat membujur di lantai lapangan masih dengan sepatu dan pakaian untuk olahraga.

Pria tersebut dikatakan tiba-tiba jatuh ke tanah dan tidak sadarkan diri di tengah permainan bulu tangkis. Peristiwa ini terjadi di lapangan badminton dekat Kluang High School in Kluang di Johor, Malaysia.

Rekan-rekan tersebut segera memberi pertolongan pertama dengan melakukan prosedur Cardiopulmonary Resuscitation (CPR). Prosedur CPR biasa dilakukan pada orang yang juga terkena serangan jantung atau henti jantung mendadak.

Prosedur dilakukan dengan mengecek nafas korban terlebih dulu selama 5-10 detik. Jika masih bernapas, CPR diberikan dengan menekan dada 30 kali dan bantuan napas mulut ke mulut 2 kali. Prosedur terus diberikan hingga korban memberi respon atau dengan kondisi tertentu.


Sayangnya pria tersebut tak berhasil selamat saat dikirim ke rumah sakit terdekat. Jenazah pria rencananya akan diteliti terlebih dulu sebelum dikirim ke keluarganya.

Kematian tiba-tiba ketika latihan sebetulnya bukan hal baru dan mungkin pernah beberapa kali menjumpainya. Peristiwa ini menjadi pengingat supaya rajin kontrol ke dokter apalagi bila punya riwayat sakit dan gangguan jantung.

(frp/frp)