Senin, 20 Mei 2019 16:18 WIB

THR Belum Turun, Ini Tips Tetap Fokus Kerja dan Puasa dari Psikolog

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi tetap fokus kerja sambil nunggu THR turun di bulan puasa Ramadhan. Foto: Getty Images Ilustrasi tetap fokus kerja sambil nunggu THR turun di bulan puasa Ramadhan. Foto: Getty Images
Jakarta - Tunjangan Hari Raya (THR) jadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu selama puasa Ramadhan. Sayangnya THR mungkin belum akan turun hingga nanti H-7 sesuai ketetapan pemerintah.

Sambil nunggu THR turun, menjaga fokus tetap kerja bisa jadi tantangan yang tidak mudah ditaklukkan. Namun menurut psikolog Veronica Adesla tantangan tersebut bukannya nggak mungkin dimenangkan tiap orang yang menjalankan puasa.

"Intinya harus diingat kerja dengan fokus selagi puasa adalah ibadah yang menjadi berkah. Mungkin bisa berlipat dibanding saat tidak puasa," kata Veronica pada detikHealth.


Berikut tips lain dari psikolog supaya tetap fokus kerja sambil nunggu THR turun.

1. Anggap THR adalah reward

Veronica menyarankan menganggap THR adalah reward atau penghargaan dari menjalankan ibadah puasa dan bekerja dengan baik. Artinya, hadiah tersebut tak akan diberikan bila tak puasa dan bekerja dijalankan asal-asalan.

"Dengan menganggap THR adalah hadiah maka kita selalu berusaha memenuhi berbagai hal yang menjadi tanggung jawab. Tak hanya unuk THR, pola pikir ini juga bisa diterapkan saat rasa ingin segera pulang kampung menyerang," kata Veronica.

2. Anggap distraksi saat bekerja adalah godaan

Tips kedua adalah menganggap berbagai hal yang mendistraksi pikiran saat sedang bekerja adalah godaan. Dengan anggapan tersebut, kita akan berusaha mengembalikan perhatian dan fokus pada berbagai hal yang sedang dikerjakan sekarang.

"Jangan lupa terapkan mindfulness pada apa saja yang sedang dilakukan. Sadari penuh berbagai hal yang sedang dikerjakan, kondisi lingkungan sekitar, dan orang yang tengah dihadapi. Fokuslah pada hal tersebut jangan mudah tergoda," ujar Veronica.

3. Bersabar

Veronica tidak lupa mengingatkan tetap sabar hingga tiba waktunya THR turun dan bisa pulang kampung. Jika seseorang bisa bersabar pada 15 hari pertama, maka pertengahan terakhir di bulan puasa harusnya tidak jadi masalah.

"Ingat selalu ini adalah bulan berkah jadi berbuatlah yang terbaik dan penuhi tanggung jawab dengan optimal. Dengan berusaha yang terbaik maka berkah juga akan optimal. Tinggal 15 hari lagi kok," kata Veronica. (kna/kna)