Senin, 20 Mei 2019 16:53 WIB

Sering Mengunyah Permen Karet Meningkatkan Risiko Kanker Kolorektal

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi permen karet. (Foto: iStock) Ilustrasi permen karet. (Foto: iStock)
Jakarta - Bahan tambahan makanan yang biasa digunakan sebagai zat pemutih pada produk seperti permen karet dan mayones dapat menyebabkan penyakit radang usus dan kanker kolorektal.

Sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Frontiers in Nutrition menyelidiki dampak kesehatan dari aditif makanan yang bernama E171 atau titanium dioxide nanoparticles yang umumnya digunakan dalam jumlah tinggi pada makanan dan beberapa obat sebagai zat pemutih.



Peneliti menemukan zat E171 ini pada lebih dari 900 produk makanan yang dikonsumsi dalam jumlah besar setiap harinya oleh masyarakat umum.

Dikutip dari IOL, mengonsumsi makanan yang mengandung E171 berdampak pada mikrobiota usus, yang memicu penyakit seperti penyakit radang usus dan kanker kolorektal.

"Penelitian ini menyajikan bukti penting bahwa konsumsi makanan yang mengandung aditif makanan E171 mempengaruhi mikrobiota usus serta peradangan di usus, yang dapat menyebabkan penyakit seperti penyakit radang usus dan kanker kolorektal," tutur penulis penelitian, Wojciech Chrzanowski, profesor dari University of Sydney.

(kna/wdw)