Senin, 20 Mei 2019 17:48 WIB

Tanda 'Post Series Depression' usai Game of Thrones dan Cara Atasinya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Banyak yang depresi setelah nonton GoT episode finale. (Foto: Dok. Helen Sloan/HBO) Banyak yang depresi setelah nonton GoT episode finale. (Foto: Dok. Helen Sloan/HBO)
Jakarta - Berakhirnya jalan cerita panjang dari Game of Thrones. Setelah delapan musim lamanya, akhir cerita dari film series ini menghasilkan respons berbeda antar fans setia -- ada yang kecewa dan ada yang menerimanya.

Meski bukan istilah resmi, ada juga yang sampai menggambarkan perasaannya seperti mengalami 'Post Series Depression' usai menonton Game of Thrones season 8 episode 6 ini.



Cirinya seperti merasa sedih berkepanjangan, tidak bersemangat melakukan hal lain, merasa hilang energi, mood yang buruk, merasakan perasaan tidak puas, dan rentan mempertanyakan segala hal tentang dirinya atau berbagai situasi yang terjadi. Ada juga yang sampai merasa hidupnya seperti 'hampa'.

Jika hal tersebut terjadi pada diri kita ataupun orang-orang terdekat, Kantiana Taslim, MPsi, Psikolog, Psikolog Klinis di Personal Growth membagikan tipsnya untuk kamu semua:

1. Tonton saat sedang luang

Coba deh menonton episode final ketika sedang santai, kamu juga bisa meluangkan waktu khusus untuk hal tersebut.

"Menonton ketika jam kerja atau sebelum beraktivitas malah akan membuat kamu sulit berkonsentrasi karena perasaan yang muncul setelah menonton butuh waktu untuk menjadi netral," jelas Nana.

2. Lakukan kegiatan positif

"Setelah menonton, kamu dapat mengekspresikan perasaanmu melalui suatu aktivitas yang produktif dan positif, misalnya bercerita bersama teman-teman yang juga menonton, menulis review tentang episode tersebut," jelas Nana.

Berolahraga untuk menyalurkan emosi setelah menonton atau berkumpul bersama teman dan keluarga juga bisa menjadi pilihan.



3. Berpijak pada realita

"Ingat dan tanamkan pada diri Anda bahwa film berakhir, Anda dapat melakukan grieving, tapi life goes on. sehingga berikan waktu kepada diri Anda untuk menetralkan perasaan dan pikiran yang muncul terkait film tersebut, namun cari cara untuk fokus kembali pada aktivitas yang menunggu," ujarnya.

"Misalnya dapat dengan menetapkan target-target kecil untuk diri sendiri, atau pun menetapkan reward untuk diri sendiri ketika telah berhasil mencapai target. Minta bantuan dari orang-orang terdekat untuk kembali mengingatkan Anda," tutupnya.

(ask/wdw)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya