Senin, 20 Mei 2019 18:53 WIB

Cacat Cyclopia, Sapi Lahir dengan Satu Mata dan Tanpa Hidung Bikin Heboh

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi sapi. (Foto: ABC Australia) Ilustrasi sapi. (Foto: ABC Australia)
Jakarta - Seekor anak sapi membuat masyarakat daerah Ranaghat di Benggala Barat, India menjadi heboh. Pasalnya, anak sapi itu terlahir dengan satu mata dan tidak memiliki hidung.

Masyarakat menyebutnya 'mukjizat Tuhan' dan penduduk desa berbondong-bondong untuk menyembahnya. Di daerah tersebut belum pernah terjadi kejadian seperti itu.

"Orang-orang dari desa tetangga sekarang berbondong-bondong ke rumah kami dan bertanya kepada kami apakah mereka dapat menyembahnya," kata pemilik sapi dikutip dari Mirror.



Kondisi anak sapi yang memiliki satu mata dan tidak memiliki hidung itu disebut cyclopia, yaitu cacat lahir langka di mana bagian depan otak tidak membentuk dua belahan yang sama. Otak depan seharusnya mengandung belahan otak talamus dan hipotalamus.

Dikutip dari Health Line, sepertiga bayi dengan cyclopia penyebabnya diidentifikasi sebagai kelainan pada kromosom. Secara khusus, cyclopia lebih sering terjadi ketika ada tiga salinan kromosom 13. Namun, kelainan kromosom lain telah diidentifikasi sebagai penyebabnya juga.

Untuk beberapa bayi dengan cyclopia, penyebabnya diidentifikasi sebagai perubahan dengan gen tertentu. Perubahan-perubahan ini menyebabkan gen dan proteinnya bertindak berbeda, yang memengaruhi pembentukan otak. Namun dalam banyak kasus, tidak ada penyebab yang ditemukan.

(wdw/kna)
News Feed