Senin, 20 Mei 2019 20:06 WIB

Rutin Minum Susu Mampu Turunkan Tekanan Darah bagi Pasien Hipertensi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Susu baik untuk stabilkan tekanan darah. (Foto: Istock) Susu baik untuk stabilkan tekanan darah. (Foto: Istock)
Jakarta - Rutin minum susu diketahui mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tapi ternyata ada manfaat ajaib dari susu lho!

Dokter spesialis gizi klinis, dr Diana F Suganda, M.Kes, menjabarkan tentang manfaat susu yang mampu menurukan tekanan darah bagi pasien hipertensi dari temuannya pada Journal of the American College of Nutrition.

"Jadi ternyata hipertensi tadi kan dipengaruhi oleh berbagai mineral seperti kalium, natrium, magnesium. Dengan orang yang mempunyai kadar mineral dalam tubuh cukup, tidak akan terjadi proses darah tinggi atau hipertensi yang bisa dibantu oleh susu," katanya kepada detikHealth belum lama ini.

dr Diana menambahkan, para peneliti memakai segelas susu sebagai pengganti makanan mengandung magnesium dan kalium.



"Satu-satu begitu kan repot. Makanya, di penelitian itu susu kan sudah mencakup semua mineral tersebut," tambahnya.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan pada pasien hipertensi, ternyata angka kejadian atau kekambuhan hipertensinya itu terjaga. Tapi tetap dengan diet rendah garam, mengurangi natriumnya, dan ditambah dengan mineral dari susu.

"Biasanya kalau hipertensi tidak bisa langsung normal (tekanan darahnya-red). Tapi kita jaga agar segitu terus atau bisa turun sedikit atau tidak naik," jelasnya.

"Sebenarnya kan yang dikhawatirkan pada pasien hipertensi adalah kerusakan organ. Kebayang nggak sih dalam jangka panjang tekanan darah tinggi terus akan kena ke mata, ke ginjal, karena hipertensi nggak bergejala," pungkasnya

(kna/wdw)