Selasa, 21 Mei 2019 13:03 WIB

Hasil Pilpres Tak Sesuai Harapan? Dokter Jiwa Sebut 5 Fase untuk Menerimanya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Pengamanan di kantor Bawaslu (Foto: Grandyos Zafna) Pengamanan di kantor Bawaslu (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengumumkan hasil dan pemenang Pemilu 2019 pada dini hari Selasa (21/5/2019). Sebagian peserta dan simpatisan bisa merima hasil tersebut, namuan ada yang masih menolak dengan berbagai alasan.

Bisa menerima hasil Pemilu atau apa saja yang tidak sesuai harapan ternyata memang tidak mudah. Menurut Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Marzoeki Mahdi dr Lahargo Kembaren, SpKJ, ada 5 tahap hingga seseorang bisa menerima hasil tersebut.

"Lima fase ini merupakan respons psikologis pada orang yang menghadapi kenyataan tidak seuai harapan. Fase ini tentunya bisa dijalani selama bisa berdamai dengan diri sendiri, lingkungan, serta lebih rileks menghadapi kehidupan," kata dr Lahargo pada detikHealth.



Berikut penjelasan terkait 5 fase tersebut.

1. Fase shock

Fase awal ini akan terkadi pada seluruh peserta Pemilu, pendukung, dan simpatisannya. Mereka umumnya kaget dengan hasil yang tidak sesuai dengan perkiraan.

2. Fase denial

Pada fase ini peserta yang kaget akan menolak hasil Pemilu bila tak sesuai dengan yang diharapkan. Mereka yang menolak hasil biasanya mulai menganggap ada kecurangan atau proses yang keluar dari aturan.

3. Fase anger

Di tahap ketiga ini mereka yang denial mulai marah dan menyalahkan berbagai pihak atas hasil yang di luar harapan. Kemarahan bisa diwujudkan dalam bentuk omongan, tulisan, dan bahasa tubuh. Fase ini juga mencakup tahap bargaining atau tawar menawar yang muncul dalam bentuk pengandaian. Misal, hasil Pemilu mungkin lebih baik jika memilih partai atau kubu lain. Berbagai hal yang diandaikan tentunya belum tentu bisa terwujud.



4. Fase depresi

Marah dan pengandaian yang terus berlanjut bisa mengakibatkan masuk fase depresi. Pada fase ini mereka yang tak bisa menerima hasil akan murung, sedih, merasa tidak berguna, dan mungkin tak ingin melanjutkan hidup. Fase depresi bisa berbahaya bagi kehidupan seseorang bila tak segera mendapat bantuan medis dan pendampingan.

5. Fase acceptance

Pada fase ini seseorang yang sebelumnya menolak pada akhirnya bisa menerima hasil Pemilu 2019. Mereka yang sanggup menerima hasil biasanya sadar hidup tidak hanya berisi kemenangan, bahagia, dan kesuksesan. Ada kalanya kesedihan, kerugian, dan kekalahan harus terjadi yang merupakan bagian dari warna-warni kehidupan. Fase ini bisa dilalui dengan sebelumnya berdamai terlebih dulu dengan diri sendiri dan lingkungan sekitar.




Simak Juga 'Intip Tips Sehat ala Maruf Amin':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed