Selasa, 21 Mei 2019 18:34 WIB

Makan Mi Pakai 100 Cabai Rawit, YouTuber Ini Jadi 'Tuli' Sesaat

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi mi setan. Foto: Istimewa Ilustrasi mi setan. Foto: Istimewa
Jakarta - Nekat makan mi dengan seratus cabai rawit atau yang lebih dikenal dengan sebutan mi setan, seorang YouTuber kelahiran Jerman-Indonesia ini mengalami efek samping 'tuli' sesaat.

Ben Sumadiwiria adalah seorang YouTuber yang kerap mengisi konten kanalnya 'Amazing Eats' dengan berbagai macam makanan pedas dan diet ekstrem. Saat ia sedang mengunjungi kerabat di Indonesia pada tahun 2016 lalu, ia memutuskan untuk mencoba salah satu mi pedas yang terkenal di Jakarta. Pengalamannya diunggah dalam sebuah video di Youtube.

Sebelum memakan mi setan, ia terlebih dahulu melakukan toast dengan kawannya. Dalam beberapa detik setelah suapan pertamanya, Ben mulai terlihat kepedasan. Saking pedasnya ia sampai harus melepaskan kausnya dan meminum beberapa gelas air dan minuman manis untuk mengurangi rasa pedas.


Namun ada efek samping lainnya yang ia rasakan. Selain rasa pedas menyengat hingga membuatnya sakit, kombinasi mie setan tersebut juga membuatnya tuli selama beberapa menit.

"Aku tidak bisa mendengar apapun," katanya dalam video tersebut.

Pada umumnya, makanan 'mi setan' ini adalah mi yang dicampur dengan sejumlah besar cabai rawit dan ditutup dengan telur goreng. Tiap cabai rawit memiliki 100.000 - 225.000 tingkat Scoville, unit yang dipakai untuk mengukur panasnya kepedasan.

Dikutip dari Mirror, jika dibandingkan, cabai jalapeno sendiri memiliki 5.000 unit Scoville. Namun masih belum mengalahkan cabai terpedas di dunia, yakni Carolina Reaper, dengan angka 2,2 juta unit.

Kandungan capsaicin dalam cabai bisa berdampak pada pencernaan, karena melepaskan zat bernama Substansi P. yang menimbulkan rasa nyeri dan sensasi terbakar. Capsaicin bisa menyebabkan peradangan jaringan sehingga bagian mukosa dari perut atau usus bisa rusak jika terdapat dosis yang cukup besar.

(frp/fds)
News Feed