Rabu, 22 Mei 2019 02:45 WIB

Bisa Bikin Cepat Lapar, 5 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

Firdaus Anwar - detikHealth
Roti sebetulnya kurang cocok dikonsumsi saat sahur. (Foto: Istock) Roti sebetulnya kurang cocok dikonsumsi saat sahur. (Foto: Istock)
Jakarta - Sahur ditujukan agar kita kuat berpuasa seharian. Oleh karena itu sangat dianjurkan mengonsumsi makan makanan yang bernutrisi seimbang dan kaya akan serat sehingga rasa kenyang dapat bertahan lama.

Namun demikian kadang karena menu sahur yang tidak tepat rasa lapar bisa datang lebih cepat sebelum waktu magrib. Sebagai contoh makanan mengandung karbohidrat sederhana akan mudah cepat dicerna sehingga sebaiknya dihindari untuk sahur.

Apa saja contoh-contoh makanan yang bisa bikin cepat lapar tersebut? Berikut rangkuman detikHealth dari berbagai sumber:



1. Roti

Pada dasarnya roti terigu dan nasi putih keduanya termasuk dalam kelompok karbohidrat sederhana. Yang membuatnya berbeda adalah roti terigu lebih banyak mengalami pengolahan dan lebih halus ketimbang nasi, sehingga karbohidrat yang dikandungnya semakin mudah dicerna menjadi energi.

Semakin cepat diolah, maka semakin cepat perut merasa lapar karena tidak ada cadangan energi yang berasal dari karbohidrat. Inilah yang menyebabkan mengonsumsi roti membuat orang lebih cepat kenyang tapi kemudian juga cepat lapar.

2. Pizza

Pizza yang terbuat dari terigu pada dasarnya sama seperti roti bisa membuat kamu cepat merasa kenyang tapi juga cepat lapar sehingga kurang cocok untuk kamu. Selain itu pizza juga mengandung kalori yang cukup besar sehingga tidak cocok bagi yang ingin menurunkan berat badan.

3. Mi instan

Sahur dengan menu mi instan kerap jadi pilihan karena selain murah, penyajiannya juga sangat mudah dan praktis. Tidak makan waktu lama, cocok bagi yang sering terlambat bangun untuk sahur.

Namun sekali lagi mi instan mudah dicerna sehingga kamu akan cepat merasa lapar usai sahur. Spesialis gizi klinis, dr Diana F Suganda, MKes, SpGK, menyarankan bila memang harus sahur dengan mi instan maka tambahkan bahan lain seperti sayur atau telur agar kandungan gizinya lebih sehat.

"Jadi kalau sudah ada niatan beli mi instan, beli sawi, beli telur jadi kalaupun instan teteplah ada usaha untuk melengkapi nutrisinya," kata dr Diana beberapa waktu lalu.

4. Pasta putih

Menu pasta putih seperti spageti juga mengandung karbohidrat sederhana sehingga kamu akan mudah cepat merasa lapar lagi setelah mengonsumsinya.

5. Makanan dan minuman manis

Kalau berbuka disunahkan dengan yang manis, nah kalau saat sahur sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsi makanan maupun minuman manis. Karena makanan manis dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat membuat kita merasa kenyang lalu kemudian turun lagi.

Saat gula darah meningkat, maka pankreas akan melepas hormon insulin. Ketika insulin dilepas, glukosa bisa turun lagi sampai di bawah normal. Ketika itu terjadi, akan menyebabkan orang merasa lemas, capek, dan ngantuk.

(fds/up)
News Feed